KPU Bolmong

Jika Temuan BPK tak Ditindaklanjuti, Minut Berpeluang Dapat Disclaimer

Filed under: Minut,Pemerintahan |

MINUT, SWARA MANADONEWS—Penilaian atas pengelolaan administrasi keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minut tahun 2011 oleh BPK RI, berpeluang mendapatkan opini disclaimer atau tak dapat dibaca, jika temuan yang disampaikan BPK tidak ditindaklanjuti untuk diperbaiki.

Hal itu dikatakan Ketua Panitia Kerja (Panja) LHP BPK RI tahun 2010 DPRD Minut, Michael Dotulong SH.
Menurutnya, jika pemerintah kabupaten tidak menyelesaikan tuntas hasil temuan atau perbaikan hingga batas waktu yang diberikan BPK RI pada tanggal 19 Februari 2012, pintu disclaimer sebagaimana yang disampaikan BPK saat Panja melakukan konsultasi, sudah terbuka.

“Kalau tanggal 19 Februari Pemkab dalam hal ini SKPD-SKPD tak mampu menyelesaikan perbaikan, atas setiap temuan yang didapat BPK untuk tahun 2010, hampir dipastikan pintu disclaimer pada penilaian 2011 sudah terbuka,” tandas Dotulong.
Oleh sebab itu, selaku Ketua Panja, Dotulong mengingatkan Pemkab untuk tidak lalai dengan hal ini, mengingat citra pemerintahan sangat ditentukan dengan perolehan opini yang diberikan BPK RI. Sementara apa yang sudah dikerjakan Panja yang berujung dikeluarkannya rekomendasi, menurut Dotulong harus ditindaklanjuti oleh Pemkab. Seperti halnya surat keputusan Bupati yang isinya menegaskan, SKPD harus menseriusi perbaikan-perbaikan atas temuan BPK. Dan bilamana dari pihak SKPD tidak memberikan respon, demi kebaikan Minut ke depan, Panja meminta dalam rekomendasi agar Bupati mencopot jabatan kepala SKPD, yang dianggap tidak pro aktif dan tidak berpihak pada perbaikan sistem administrasi keuangan di Minahasa Utara.

“Kalau sampai tidak ada keseriusan dari SKPD untuk menindaklanjuti hasil temuan BPK, dan hasil Panja yang bertujuan untuk menyelamatkan Minut dari disclaimer tahun 2011, itu berarti kepala SKPD diminta untuk diganti,”tegas Dotulong. (*)

You must be logged in to post a comment Login