LPMP Seleksi Guru Sertifikasi, 3.300 Peserta Ujian Kopetensi Siap Digodok

Filed under: Manado,Pendidikan |

Johny Runtuwene

SWARA MANADONEWS—Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Utara (Sulut) Drs Johny Runtuwuwe, melalui Ketua Panitia Uji Kompetensi Guru Sertifikasi 2012 Drs Hanny Matindas, menjelaskan, sesuai keputusan Kemendikbud RI, untuk menjaring guru profesional harus melalui tahapan dan mengikuti Uji Kopetensi (UK) guru.

“Tahun 2012 ini pihaknya akan menguji 3.300 guru. Dimana guru tersebut telah lulus dalam tahapan seleksi yang akan di gelar pada Sabtu (25/02) mendatang di LPMP Sulut,” kata Matindas.

Ujian ini diselenggarakan untuk mengembangakan kualitas guru, karenanya uji kopetensi ini akan mengacu pada guru profesional. Sedangkan untuk soal yang akan diujiankan yakni Pedagogik dan setiap mata pelajaran. “Bukan hanya siswa yang mengikuti ujian, tapi guru pun akan diuji, sehingga guru yang lulus dalam uji kompeteni ini, maka mereka  berhak menyandang sebagai guru bersetifikasi 2012,” tandasnya.

Mengenai naskah soal, dikatakan Runtuwene, pihaknya telah mengantispasi untuk menghindari kejadian yang tidak kita inginkan, seperti kebocoran soal. Olehnya pihak kepolisian dilibatkan untuk menjaga kerahasian soal tersebut.

“Kebocoran ini menjadi perhatian kami, agar kualitas guru di Sulut semakin baik dalam peningkatan kualitas anak didik kita,” paparnya.

Hanny menambahkan, untuk pelaksanaaan uji kopetensi dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, sehingga diharapkan para guru yang lulus dalam seleksi dapat mempersiapkan diri dengan matang, agar kelulusan sesuai standar maksimal. “Namun apabila dalam uji kopetensi ini, guru tersebut tidak lulus, maka akan mengulang kembali tahun depan,” tegas Kepala Seksi Program Sistem Informasi LPMP Sulut. (fie)

You must be logged in to post a comment Login