Tuwaidan-Singal Sepakat Kembangkan Pariwisata

Filed under: Minut,Pariwisata dan Budaya |

Fransisca M Tuwaidan dan Sompie Singal

AIRMADIDI, SWARA MANADONEWS—Demi pembangunan di Kabupaten Minahasa Utara, kembali mempertemukan dua figur kunci di Bumi Klabat, yakni Fransisca M Tuwaidan dan Bupati Drs Sompie SF Singal.

Dalam pertemuan yang berlangsung di lokasi wisata Batu Nona Kema Kecamatan Kema, Selasa (28/02) kemarin, kedua tokoh berpengaruh ini sepakat dalam hal pengembangan pariwisata. Keduanya berjanji akan saling mendukung dan memberikan kontribusinya untuk keberhasilan dunia pariwisata di Bumi Klabat.

Fransisca M Tuwaidan dalam hal ini sebagai investor atau pengembang berharap pemerintah kabupaten memberikan keleluasaan dalam melaksanakan pengembangan wisata khususnya lokasi wisata Batu Nona.

Tuwaidan pun menyatakan, siap menjadi mitra pemerintah dalam mensukseskan setiap program pemerintah terlebih untuk mengangkat pariwisata Minut.

“Tentunya dengan berharap pemerintah memberikan dukungan dan turut ambil bagian dalam pengembangan objek wisata khususnya lagi batu Nona,” ujar Tuwaidan.

Pun langkah pengusaha sekaligus Ketua Fraksi Tumatenden DPRD Minut ini, disambut hangat Bupati. Dalam pernyataannya dihadapan wartawan kemarin, Bupati Minut dengan terangnya menyebutkan siap membantu sebagaimana tugasnya sebagai pemerintah.

“Tempat ini (batu nona, red) merupakan salah satu kebanggaan Minahasa Utara. Oleh sebab itu pemerintah akan terus mendukung pengembangan,” terang Bupati.

Bahkan dengan kondisi Batu Nona yang ada saat ini diakuinya, Singal mengaku dunia pariwisata Minut tidak kalah dengan Bali. “Kita tidak dengan Bali,” tandasnya.

Singal memberikan ruang gerak bagi pengembangan Batu Nona dengan memperhatikan berbgai aspek yang menyangkut aturan dan kepentingan hidup khalayak banyak.

“Prasarana jalan untuk akses masuk lokasi akan kami bantu. Ini pasti ditunjang,” tukasnya.

Untuk persoalan parkiran kapal yang masih terlihat di lokasi wisata Batu Nona, Bupati berjanji akan mencarikan solusi dengan membangun tempat tampatan kapal yang lebih layak lagi bagi kapal.

“Pemerintah berencana membangun lokasi tambatan kapal yang lebih layak lagi untuk kapal nelayan. Agar supaya tidak mengganggu justru mendukung pariwisata, kita carikan tempat terbaik. Agar menjadi lebih asri dan makin menarik. Mereka pasti kagum melihat tempat ini,” tandas Bupati.

Menanggapi niat pemerintah ini, Tuwaidan mengaku bersyukur dan mengucapkn terima kasih. “Terima kasih atas kunjungan Pak Bupati dan jajarannya serta sudah menyatakan siap untuk membantu pengembangan Batu Nona,” ucap Tuwaidan.

Sebelum mengunjungi Batu Nona, Bupati, Fransisca M Tuwaiudan, Ketua DPRD Minut Berty Kapojos dan sejumlah anggota dewan bersama sejumlah Kepala Dinas diantaranya Kadis Kelautan dan Perikanan, Ir Rony Siwi dan Kadis Pariwisata Ir Rita Rumokoi, menyempatkan diri melangsungkan dialog dengan warga Kema di lokasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kema III yang lokasinya juga tak jauh dari Batu Nona. (*)

 

One Response to Tuwaidan-Singal Sepakat Kembangkan Pariwisata

  1. sulawesi di anugerahkan Tuhan tanah yang indah dan kaya, namun saya pikir hal ini harus ada keseibangan antara sumber daya manusia yang mengelolahnya serta ketrampilan . Dan ada ” pendidikan pariwisata ” bagi rakyat setempat , setidaknya bagaimana mereka bersikap terhadap para pengunjung. dengan tidak meninggalkan adat atau kebiasaan rakyat lokal.
    terima kasih

    Anneke Meyti Singal
    06/08/2012 at 6:30 pm

You must be logged in to post a comment Login