Massie : Minim Biaya Segera Mundur

Filed under: General News,Politik |

SWARAMANADONEWS.com – Jelang Pemilihan Calon Legislatif (Pilcaleg 2014) sejumlah calon mulai memikirkan masalah cost politics atau biaya politik yang nantinya akan digunakan.

Menurut pengamat dan konsultan politik Sulawesi Utara Dr Jerry Massie Ph.D, seorang calon harus mempersiapkan biaya sebelum masuk dalam ajang pertarungan.

“Budgeting atau (penggangaran) harus tepat sasaran, tepat guna, tepat waktu. Alasanya jika banyak uang namun no strategy (tidak ada strategi) pasti akan tumbang. Begitu pula strategi cukup jitu akan tetapi tanpa biaya maka sulit untuk bersaing,” kata Massie yang juga konsultan politik ini.

Dicontohkannya, untuk calon legislatif tingkat II biaya standar saja dia harus punya Rp 250 juta-500 juta. Sedangkan untuk calon tingkat II dia harus memiliki dana Rp 500 juta -1 miliar. Untuk calon DPR-RI paling tidak diatas Rp 1 M jika dia mau duduk.

“Hukum tua saja ada satu desa yang sampe Rp 500 juta biaya yang digelontorkan olehnya, apalagi ini calon legislatif.” ujarnya.

Jadi kalau tak punya anggaran, minim biaya lebih baik segera mundur. Bikin valiho saja tak punya duit bagaimana untuk biaya-biaya yang lain, tutup Massie jebolan American Global University ini.

Editor : Dion Lande

You must be logged in to post a comment Login