KPU Bolmong

Rembang dan Areros Bersaing Jabat Dekan Fisip Unsrat

Filed under: Pendidikan |

SWARA MANADONEWS–Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sam Ratulangi (Unsrar) Manado merupakan lumbung akademisi yang membidangi keilmuan politik dan pemerintahan. Tak heran jika momentum pemilihan Dekan selalu menyuguhkan strategi serta pola konsolidasi politik yang baru nan menarik untuk disimak.

Terpantau beberapa nama yang senter terus di perbincangkan untuk bersaing dalam bursa pencalonan Dekan Fisip. Kali ini nama-nama tersebut semakin mengerucut pada tiga figur yang merupakan pembantu dekan saat ini.

Pembantu Dekan Bidang Aministrasi Umum (PD II) Drs Novie R Pioh MSi yang sempat didengung-dengungkan maju dalam pemilihan Dekan Fisip periode 2012-2016, namun saat dikonfirmasi belum lama ini mengatakan, tidak akan maju dalam pertarungan Dekan. “Masih ada banyak senior-senior yang layak untuk memimpin Fakultas ini,” kata Pioh sembari menyebutkan dua rekan Pembatu Dekan lainnya, yakni PD I Drs Max Rembang MSi dan PD III Drs Welly Areros MSi, yang juga kandidat Doktor.

Sejumlah dosen ketika dimintai tanggapan soal calon yang layak pimpin Fisip Unsrat kedepan menyebutkan, hanya ada dua nama yang sering dikait-kaitkan dengan pemilihan Dekan, yaitu Drs Max Rembang MSi dan Drs Welly Areros MSi.
“Pastinya untuk kedua figur ini sudah teruji dari segi Pemberian diri terhadap eksistensi fakultas ini. Oleh sebab itu amatan sementara masih merujuk pada kedua figur ini,” kata salah satu dosen FISIP Unsrat yang meminta namanya tak dikorankan.

Sementara Welly Areros saat dimintai tanggapannya soal persiapan suksesi Dekan FISIP menjelaskan, memang sekarang ini sedang didengungkan sejumlah nama untuk maju dalam pemilihan Dekan empat tahun mendatang. “Saya sendiri sudah siap untuk maju sebagai kandidat Calon Dekan,” tandasnya yakin.
Diakuinya, memang pada bulan Maret mendatang kami sedang mempersiapkan pemilihan dekan FISIP. Diharapkan tak ada gesekan yang terjadi dan dapat berjalan lancar. “Siapapun dekan yang terpilih nanti itu merupakan pilihan yang terbaik, bagi kemajuan FISIP kedepan. Saya sendiri sudah dipersiapkan teman-teman anggota senat untuk maju sebagai calon Dekan,” pungkas Areros.
Sementara Dekan FISIP Unsrat DR Johny Lumolos MSi mengatakan, jelang pemilihan dekan Fisip diharapkan yang akan menjadi dekan nantinya adalah orang dari FISIP sendiri, bukan dari luar.

Jadi siapapun yang terpilih nanti kita harus hormati dan hargai proses yang sudah berjalan.

Karena itu kalau ada riak-riak itu biasa, ini kan dalam alam demokrasi, tapi bila proses pemilihan itu telah selesai biarlah riak-riak itu kita tinggalkan. “Marilah kita bergandengan tangan agar proses demokrasi di FISIP maju dan jaya,” pinta Lumolos. (fie)

You must be logged in to post a comment Login