Penyaluran Dana BOS Mulai Bermasalah?

Filed under: Berita Utama,General News,Pendidikan |

Tendean: Diknas Manado tak Dihiraukan Pihak Sekolah

SWARA MANADONEWS–Penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) masih berbuntut masalah. Tanpa membuat laporan dan mengambil rekomendasi dari Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Manado, pihak sekolah telah langsung melakukan pencairan di Bank yang telah ditunjuk. Alhasil, Diknas Manado keteteran soal pendataan laporan penyaluran dana BOS yang telah dicairkan pihak sekolah. Hal ini diungkapkan Sekertaris Diknas kota Manado Corry Tendean SH, kemarin kepada wartawan.
“Memang pemerintah provinsi tidak melarang hal ini, tapi Diknas Manado telah membuat kebijakan agar sekolah wajib menyelesaikan laporan administrasi terkait dana BOS yang sebelumnya telah diterima. Ini perlu diperhatikan karna Laporan Pertanggung Jawaban ini merupakan alat kontrol Diknas Manado dalam melaksanakan pendataan,” tergas Tendean.
Lagi Tendean mengungkapkan, fenomena ini telah menjadi ritme kerja tanpa memproritaskan alat kontrol yang berdampak pada amburadulnya sistem. Tendean mengkritisi hal ini sebagai dampak dari pergantian pimpinan dengan pola pikir yang berbeda dari sebelumnya yang akhirnya berimbas pada regulasi dan ketegasan.
” Laporan Pertanggung Jawaban adalah alat kontrol Diknas Kota dalam pengawasan dan pendataan, provinsi tolong mengerti. Mengeluarkan uang tanpa kontrol itu salah besar. Jangan salah kapra,” tegas Tendean setengah mengkritik.
Kadis Diknas Provinsi Sulut Drs J Star Wowor MSi, sebelumnya kepada wartawan mengakui, kalau pihak sekolah harus melaporkan kepada Dinas Diknas Kabupaten/Kota bila dana BOS ini sudah mereka terima di rekening yang ditransfer oleh Diknas Sulut. “Pokoknya sekolah penerima BOS harus melaporkan dana BOS itu kepada Diknas Kabupaten/Kota bila sudah masuk ke rekenging sekolah,” tukas Wowor. (fie)

You must be logged in to post a comment Login