Unsrat Siapkan Penelitian Bagi Dosen Produktif 225 Judul akan Dikompetisikan

Filed under: Berita Heboh,Berita Utama,General News,Pendidikan |

Unsrat

SWARA MANADONEWS—Upaya mewujudkan visi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, menuju Excellent University memerlukan komitmen, kerja keras dan kerjasama seluruh keluarga besar Unsrat. Ukuran objektif pencapaian visi Unsrat adalah pengakuan terhadap kualitas keahlian, lulusan, penelitian, publikasi ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat.
“Penelitian unggulan Unsrat dilaksanakan sebagai salah satu model penelitian kompetitif, yang tergolong dalam kelompok penelitian mandiri dan diperuntukkan bagi dosen produktif. Penelitian ini dilaksanakan selama 1-3 tahun dan diusulkan untuk diseleksi tahun 2012 dan untuk pelaksanaannya pada tahun anggaran 2013,” kata Rektor Unsrat Prof DR Donald A Rumokoy SH MH, melalui Juru Bicara (Jubir) Rektor Daniel Pangemanan SH MH, kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (31/01).
Menurut Daniel, untuk program penelitian IPTEK dan seni tahun 2012 sebanyak 225 judul yang akan dikompetisikan. Tujuan riset unggulan Unsrat ini diantaranya, menghasilkan karya penelitian unggulan Unsrat berupa produk yang dapat menyelesaikan masalah nasional, regional, pemerintah daerah dan masyarakat. Meningkatkan publikasi nasional terakreditasi dan publikasi international. Selain itu, dapat meningkatkan kualitas materi perkuliahan, dengan adanya pengayaan dengan cara dimasukkannya hasil-hasil penelitian sebagai materi bahan ajar. “Mendorong para dosen untuk memanfaatkan fasilitas laboratorium selain untuk proses pembelajaran dapat dimanfaatkan untuk penelitian yang dapat berguna bagi bangsa dan Negara,” tandasnya.
Dia menjelaskan, program penelitian unggulan Unsrat sudah dilaksanakan di seluruh Fakultas dan sekarang ini sudah masuk tahapan pemasukan proposal. “Jadi untuk pemasukan proposal penelitian bulan Januari hingga Februari 2012. Sedangkan untuk seleksi proposal penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2012 oleh tim evaluator yang diminta dari DP2M Dikti,” tukasnya.
Pangemanan menambahkan, selain riset unggulan, ada beberapa skim penelitian yang ditawarkan oleh DP2M Dikti diantaranya, hibah unggulan strategi nasional, kompetisi, kerjasama international, riset kerjasama perguruan tinggi dan industry, hibah bersaing, fundamental, doktor, pascasarjana, pekerti dan hibah kerjasama antar perguruan tinggi.
“Program penelitian diatas, puluhan dosen unsrat berhasil lolos seleksi dan siap didanai untuk tahun 2012. Untuk tahun anggaran 2013, atas pemasukan proposal paling lambat tanggal 29 Februari 2012,” tandasnya, sembari menambahkan, beberapa dosen Unsrat lolos dalam seleksi penelitian yang bersumber dari institusi lain seperti Kementerian Ristek, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pertanian serta Kementerian Perikanan dan Kelautan. (fie)

 

Shortlink:

Posted by on 02/02/2012. Filed under Berita Heboh, Berita Utama, General News, Pendidikan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

You must be logged in to post a comment Login