Walikota JFE dan Wawali SAS,Hadiri Rapat Paripurna Pengajuan LKPJ Walikota

Filed under: Berita Utama,Pemerintahan,Tomohon,Top News,Uncategorized |

UPHOTO_20170320_211206

 TOMOHON.SMNC.–Rapat paripurna DPRD Kota Tomohon dalam rangka pengajuan laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ) Walikota Tomohon Tahun Anggaran 2017.Pada Senin (20/03).
Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Tomohon Ir. Miky Wenur didampingi Wakil Ketua DPRD KOta Tomohon Carrol Senduk, SH dan Youdy Moningka, SIP. dan dihadiri oleh Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE.Ak dan Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, M.Sc., Para Kepala Perangkat Daerah, Para Camat dan Para Lurah Se- Kota Tomohon.
Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak., menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap anggota DPRD Kota Tomohon yang telah melaksanakan pembahasan dan memberikan rekomendasi terhadap LKPJ Walikota Tomohon tahun anggaran 2016. 

“Dalam LKPJ ini perlu diketahui bahwa pencapaian program dan kegiatan dalam pelaksanaan APBD tahun 2016 yang lalu dan tidak terlepas dari mekanisme pengelolaan keuangan Pemkot Tomohon yang telah mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selang dua tahun”.Kata Walikota Jimmy Eman saat memberikan sambutan.

Upaya yang telah dilakukan Pemkot Tomohon dalam mengoptimalkan pendapatan keuangan adalah memantapkan kelembagaan dan sistem operasional pemungutan pendapatan daerah, Meningkatkan pendapatan daerah dengan intensifikasi dan ekstensifikasi, Meningkatkan koordinasi secara sinergis di bidang pendapatan daerah dengan pemerintah pusat dan pemerintah propinsi untuk peningkatan dana perimbangan terutama Dana Alokasi Khusus dan Lain-lain,pendapatan Daerah yang sah, Meningkatkan kinerja BUMD dalam upaya peningkatan kontribusi secara signifikan terhadap pendapatan daerah,Meningkatkan pelayanan dan perlindungan masyarakat sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak daerah dan retribusi daerah, Meningkatkan peran dan fungsi SKPD penerima PAD dalam peningkatan pelayanan dan pendapatan; dan Meningkatkan pengelolaan barang milik daerah dan keuangan daerah.
Selanjutnya,Walikota Jimmy Eman menjelaskan bahwa Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Tomohon nomor 4 tahun 2015 tentang APBD Kota Tomohon tahun anggaran 2016 dan peraturan Daerah Kota Tomohon nomor 5 tahun 2016  tentang Perubahan APBD Kota Tomohon tahun anggaran 2016, maka target pendapatan daerah ditetapkan sebesar Rp. 673.633.027.327,- dan realisasi sebesar Rp. 655.531.028.793,- atau dengan persentase sebesar 97,31% dan dari segi pembangunan infrastruktur, berbagai sarana prasarana jalan telah terbangun (jalan, jembatan, saluran irigasi).
Walikota juga berkata bahwa untuk menunjang masalah pangan pemerintah telah memprogramkan berupa peningkatan produksi komoditi padi sawah, jagung serta peralatan (alsintan) bagi petani dan untuk aspek lingkungan hidup berupa pencapaian kota bersih dengan pola pengangkutan sampah dari masyarakat ke TPA yang semakin baik.
“Di bidang pendidikan hal yang menjafi fokus utama adalah pendidikan karakter dan pendidikan vokasional serta peningkatan mutu pendidik dan tenaga pendidikan,kemudian untuk bidang ekonomi adalah pembangunan pasar rakyat melalui penataan kawasan pasar beriman”. Tutup Walikota JFE
Rapat paripuna DPRD dalam rangka pengajuan Laporan keterangan pertanggung jawaban Walikota,diakhiri dengan penyerahan buku Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) oleh Walikota Tomohon kepada Ketua DPRD Kota Tomohon.
(Adi Pontoan)

You must be logged in to post a comment Login