HUT ke-119 Kemerdekaan Filipina, Walikota GSVL Ajak Perketat Keamanan Dari Ancaman Terorisme

Filed under: Manado |

FhilipinaManado.SMNC-Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-119 kemerdekaan Filipina dlaksanakan Konsul Jenderal (Konjen) Filipina di Manado di Grand Kawanua International Center (GKIC) Kecamatan Mapanget, Sabtu (10/06) malam tadi.

Acara yang berlangsung penuh keakraban dengan nuansa Filipina tersebut dihadiri Gubernur Sulawesi Utara yangh diwakili Asisten I Drs Jhon Palandung dan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA.


Perayaan bertajuk 119th Anniversary of the Proclamation of Philippine Independence itu memiliki nilai yang sangat besar dalam hubungan bilateral Indonesia dan Filipina.

Menyusul konflik bersenjata antara tentara nasional Filipina dengan kelompok radikal yang berafliasi dengan ISIS di negara tersebut.
Kepada sejumlah wartawan, Walikota GSVL mengajak semua pihak baik di Manado maupun di Filipina untuk memperketat keamanan dari ancaman terorisme. Apalagi, Propinsi Sulut berbatasan langsung dengan negara Filipina, sehingga berdekatan dengan Kota Marawi di Filipina Selatan yang mulai dikuasai militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Manado, saya menyampaikan selamat Hari Kemerdekaan Filipina ke-119 tanggal 12 Juni 2017 ini. Semoga kerjasama yang terjalin selama ini dengan pemerintah Indonesia khususnya dengan pemerintah Sulawesi Utara dan Kota Manado bisa terjaga dengan baik terutama dalam memerangi kelompok radikal yang mengancam keamanan dan kenyamanan warga Manado,” ujar Walikota GSVL.

Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado terus melakukan pengawasan terhadap masuknya teroris ISIS dari Kota Marawi Filipina ke Kota Manado. “Untuk menjaga Kota Manado tetap aman bukan hanya tugas polisi dan tentara, tetapi juga tugas kita bersama warga masyarakat,” tandasnya

.Semarak Kalayaan 2017 Pagbabagong Sama-samang Balikatin dihadiri Konjen Fiilipina di Manado, Oscar G Orcine dan ratusan warga Filipina yang ada di Manado dan Sulut. Dengan mengangkat tema Embracing Change Together atau merangkul perubahan bersama, ditutup dengan doa oleh Uskup Manado Mgr Joseph Suwatan.

You must be logged in to post a comment Login