Untu : Desa Wongkay Targetkan Juara di Tingkat Regional

Filed under: Berita Utama,Mitra |

received_10203452276942898

RATAHAN TIMUR – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sulut, akhirnya memilih Desa Wongkay, Kecamatan Ratahan Timur, Minahasa Tenggara sebagai barometer perkembangan desa di Sulut.

Camat Ratahan Timur, Johana Untu mengaku optimis bahwa wilayah yang dipimpinnya bisa sukses dalam hasil evaluasi tingkat provinsi. Sehingga hasil ini tentunya akan membawa Desa Wongkai pada evaluasi selanjutnya, tingkat regional tiga.

“Saya memang optimis desa yang dipimpin hukum tua Roy Ponggohong bisa menjadi desa yang terbaik dan akan mewakili Kabupaten Minahasa Tenggara di tingkat provinsi,” kata Untu meyakinkan.

Menurut Untu, tentunya Desa Wongkay menjadi yang terbaik dari sekian desa di Provinsi Sulut yang sudah baik bukan gampang.

“Disini kita harus kerja keras. Baik semangat dari hukum tua, perangkat desa sampai kami pemerintah kecamatan harus saling menunjang,” sebutnya.

Sementara, Drs Royke Mewoh, selaku Kepala Dinas (Kadis) PMD Propinsi Sulut saat bertandang dan menjadi tim evaluasi menyebutkan, bahwa Minahasa Tenggara khususnya Desa Wongkay, merupakan Kabupaten terakhir yang dievaluasi perkembangan desa tingkat provinsi.

” Pengamatan dilapangan pada prinsipnya sangat bagus. Karena Desa Wongkay dikategorikan desa yang lebih sangat siap. Meski kabupaten kota lain yang kami temui juga siap. Apa terlebih juga di desa ini ada sejumlah keunikan yang tidak ada di kabupaten kota lain yang ada di Sulut,” ungkapnya.

Mewoh menambahkan, setelah hasil evaluasi tingkat provinsi selesai dilakukan selanjutnya akan dikonsultasikan dengn pimpinan yang ada.

“Tanggal 7 hasil dibawa ke kemendragi dan dilanjutkan dengan adanya tim verifikasi yang akan turun. Jika Wongkay lolos ke tingkat regional tentu tim verifikasi akan kembali di desa wongkay

Asisten satu Pemkab Mitra, Ghotlieb Mamahit mewakili Bupati Mitra, James Sumendap SH, memberikan apresiasi kepada desa wongkay yang mewakili kabupaten Mitra di tingkat propinsi untuk dilakukan evaluasi pembangunan di Desa Wongkay.

“Kami apresiasi bagi tim evaluasi yang sudah datang di daerah ini. Dan kiranya pembangunan desa Wongkay, bisa menjadi inspirasi bagi semua desa di daerah ini untuk melakukan hal yang sama,” ujarnya, sembari Mamahit memberikan gambaran secara umum terkait letak Minahasa Tenggara.

Selain Mamahit, sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Mitra dan TP PKK Mitra juga turut ambil bagian dalam evaluasi tingkat desa, tak terkecuali tim PMD Mitra yang dipimpin langsung oleh Kadis Joutje wawointana. (nompat)

You must be logged in to post a comment Login