Bupati Jws Lantik Hukum Lemoh Yang Sempat Tertunda Waktu Lalu

Filed under: Minahasa |

IMG-20170619-WA0006

Tombariri :Swaramanadonews.com:Sempat tertunda dikarenakan adanya persoalan sengketa pasca pemungutan suara di Pemilihan Hukum Tua (Kumtua), 25 April lalu, Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi akhirnya melantik Kumtua terpilih Desa Lemoh Kecamatan Tombariri Timur, Ilidius Walewangko SSos, Senin (19/06) siang, bertempat di Desa Lemoh.

Pelantikan terakhir dari 49 Desa yang menggelar Pilhut serentak gelombang kedua tahun 2017 ini sendiri diwarnai demo dari masyarakat yang menolak Kumtua terpilih dilantik, yang menurut masyarakat telah melakukan pelanggaran money politik saat kampanye pada Pilhut April lalu.

Bupati JWS dalam sambutannya mengatakan, bila masih menjabat kembali melanjutkan kepemimpinan, itu berarti rakyat masih mempercayakan bersangkutan untuk kembali memimpin. Untuk itu, jalankanlah amat rakyat ini dengan baik untuk kemajuan Desa Lemoh.

“Bila ada penolakan kemudian melakukan demo, itu hal yang biasa. Tapi saya menghimbau itu jangan berlama-lama yang akhirnya bisa sampai menghambat pembangunan di Desa. Masyarakat yang calonnya belum terpilih jangan marah apalagi berbuat hal-hal yang tidak diinginkan,” tukas Bupati JWS.

Bupati JWS kemudian menegaskan bahwa, siapa yang jadi Kumtua saat ini adalah pilihan Tuhan melalui rakyat. Untuk itu, siapa yang sudah dilantik ini harus dihormati sebagai pemimpin pilihan Tuhan.

“Tuhan yang memilih kamu, kalau sudah ditetapkan berarti itulah pilihan Tuhan meski menang tipis hanya satu suara. Kalau ada demo itu hal biasa, karena itu artinya mereka menunjukkan demokrasi, tapi setelah itu rangkul seluruh masyarakat untuk membangun Desa,” ujarnya.

“Saya berharap kedepan rakyat secara bersama-sama membanguan Lemoh, tanggalkan perbedaan, karena kalau masalah ini berlarut-larut itu justru akan merugikan masyarakat di Desa ini sendiri. Kumtua harus rangkul seluruh masyarakat, karena suatu saat masyarakat pasti akan membutuhkan Kumtua, apalagi dalalm pengurusan administrasi,” pungkasnya.

Sementara, acara yang kemudian diakhiri dengan ucapan terima kasih oleh Camat Tombariri Timur Herliana Naomi Rori SE ini, turut dihadiri Komandan Kodim 1302 Minahasa Letkol Inf Jubert Nixon Purnama STh, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa DR Denny Mangala SH MSi, Inspektur Minahasa Frits Muntu SSos, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Minahasa Djeffry Sumendap Sajow SH serta sejumlag pejabat Pemerintah Kabupaten Minahasa, Ketua TP-PKK Minahasa DR Olga Sajow Singkoh MHum dan jajaran TP-PKK Minahasa, para Kimtua di Kecamatan Tombariri Timur, tokoh masyarakat, tokoh agama TNI dan Polri, dan undangan lainnya.

You must be logged in to post a comment Login