KPU Bolmut Gelar Rapat Pleno Penetapan Syarat Dukungan Paslon Perseorangan dalam Pilkada 2018 nanti

Filed under: Berita Utama,Bolmong Raya |

IMG-20170911-WA0821

Bolmut-Swaramanadonews.com:Dalam rangka Persiapan tahapan pilkada 2018 nanti, maka pada minggu (10/9) kemarin Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolmut menggelar Rapat Pleno Penetapan Syarat Dukungan Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2018. Rapat yang dilaksanakan di ruang rapat KPU Bolmut tersebut dipimpin oleh ketua KPU Bolmut dan dihadiri oleh seluruh komisioner dan sekretaris KPU Bolmut.
Menurut ketua KPU Faisal Husin, penetapan syarat dukungan untuk pasangan calon perseorangan ini dilaksanakan secara serentak se Insonesia sesuai edaran KPU RI nomor 515/KPU/IX/2017. “penetapan ini dilaksanakan serentak oleh KPU se Indonesia, dan untuk Bolaang Mongondow utara sendiri, sesuai aturan yang berlaku dimana jumlah dukungan pasangan calon perseorangan diambil 10% dari data pemilih pada tahapan pemilihan terahkir. Karena pada pemilihan terakhir jumlah pemilihnya 56.000, maka untuk syarat dukungan terhadap calon perseorangan harus didukung oleh minimal 5.600 pemilih dan akan diverifikasi faktual dengan menemui langsung setiap pendukung calon yang menyerahkan KTP-nya,”

Faisal juga menambahkan bahwa dukungan tersebut harus merupakan dukungan terhadap pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati. “untuk dukungan, harus diberikan kepada calon yang sudah berpasangan (Bupati dengan Wakil Bupati), karena bisa saja yang sudah memberikan KTP kepada salah satu calon Bupati tapi tidak menginginkan calon Wakil Bupatinya, bisa saja mereka ini akan menarik dukungan yang sudah diberikan, ” jelasnya.

Sementara kalau dikemudian hari ada yang memberikan dukungan ganda, faisal mengatakan akan ditindak lanjuti pada saat verifikasi, “nanti kalau ada dukungan ganda, akan langsung didatangi pada saat verifikasi dan ditanyakan kepada yang bersangkutan kepada siapa dia akan memberikan dukungan, ” tutupnya.(Fandy)

You must be logged in to post a comment Login