IWO Turut Prakarsai Berdirinya WAPENA Sulut

Filed under: Advetorial,Mitra,Uncategorized |

unnamed (1)

MANADO – Forum Wartawan Peduli Bencana Sulawesi Utara (WAPENA Sulut) telah terbentuk di Mercure Tateli Beach Hotel Manado, Rabu (13/09). Amanda Komaling, wartawan Metro TV yang juga Ketua IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) Sulut menjadi Ketua WAPENA Sulut pertama.

Selanjutnya, Amanda membentuk kabinetnya dengan menunjuk Sekretaris IWO Kota Manado, Simon Siagian dari media online www.pojoksulut.com yang mendapat 8 suara sebagai Wakil Ketua, Asrar Yusuf dari www.beritakawanua.com yang mewakili AJI Manado sebagai Sekretaris dan Feybe Lumanauw dari BeritaSatu TV yang mewakili PWI dengan 7 suara sebagai Bendahara serts wartawan iNews TV, Arthur Lowpatti sebagai Humas.

WAPENA Sulut terbentuk usai 50 wartawan dari media online, Televisi, Radio dan cetak yang berasal dari 4 organisasi profesi, yakni PWI, AJI, IJTI dan IWO (Ikatan Wartawan Online) mengikuti pendidikan dan pelatihan Penanganan Bencana yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Mercure Tateli Beach Hotel sejak Senin – Rabu (11/09 – 13/09) tadi.

IWO, sebagai organisasi profesi Wartawan media online yang masih seumur jagung, turut andil bersama PWI, IJTI dan AJI Sulut memprakarsai berdirinya WAPENA Sulut.

Tak tanggung-tanggung, 10 orang peserta dari Dewan Pimpinan IWO Kota Manado diutus mewakili IWO untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan Penanganan Bencana yang digelar BNPB selama 3 hari (Senin – Rabu (11/09 – 13/09)) di Mercure Tateli Beach Hotel Manado. IWO juga menempatkan Sekretaris IWO Kota Manado, Simon Siagian, duduk sebagai Wakil Ketua di Kepengurusan WAPENA Sulut.

Mendapat laporan hasil kegiatan, Ketua Dewan Pimpinan IWO Propinsi Sulut, Victor Rarung, SE menyambut baik berdirinya WAPENA Sulut.

“Selamat buat WAPENA Sulut yang sudah terbentuk. Selamat juga buat Amanda Komaling yang telah terpilih sebagai Ketua WAPENA Sulut,” tulis Rarung di grup WA IWO Sulut.

Rarung juga berharap, WAPENA bisa bersinergi dengan pemerintah Propinsi, Kabupaten/Kota dan tetap menjalankan funsi kontrolnya.

“Buat teman-teman media online dari IWO, saya berharap, pengetahuan dan keterampilan yang didapat pada pelatihan Penanggulangan Bencana dari BNPB, bisa digunakan dan diterapkan sebaik mungkin,” pinta Rarung.

Senada, Ketua IWO Kota Manado, Anto Reppy yang dihubungi terpisah, menyambut baik berdirinya WAPENA Sulut.

“Selamat buat WAPENA Sulut dan Selamat buat pengurus yang telah terpilih. Mari kita dukung Pemerintah Propinsi, Kota dan Kabupaten mengedukasi masyarakat tentang penanganan bencana, baik sejak pra hingga pasca bencana,” pesan Reppy.

Ia juga mengingatkan, agar wartawan yang tergabung di WAPENA Sulut tidak melupakan kodrat dan perannya sebagai Jurnalis.

“Satu yang utama, dalam memberitakan suatu peristiwa bencana, tetap menjunjung tinggi hak azasi korban dan tetap berempatilah ke keluarga korban, dan juga tetap menjunjung tinggi kaidah-kaidah jurnalis dan Undang-undang pers,” tegas Reppy mengingatkan.

Reppy juga tidak memungkiri peran pers yang sangat vital dalam menginformasikan sebuah peristiwa. Namun dirinya tetap mengingatkan agar para wartawan tetap mengutamakan keselamatan diri saat melakukan liputan.

“Informasi dan gambar terbaik dari peristiwa bencana memang sangat penting. Tapi ingat, ada keluarga kita yang menanti dirumah, jadi jaga kesehatan dan tetap utamakan keselematan diri. Jangan nanti malah kita Wartawan yang menjadi berita,” kunci Pimred ManadoLine.com ini. (*)

You must be logged in to post a comment Login