Distanak Mitra Pastikan “Bersihkan” Hewan Liar Berpotensi Rabies

Filed under: Berita Utama,Mitra |

images (10)

RATAHAN – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Minahasa Tenggara, memastikan dalam waktu dekat akan mengambil langkah “membersihkan” masyarakat yang memelihara hewan liar yang berpotensi rabies.

Demikian dikatakan Kadis Tanak Mitra, Ir Elly Sangian melalui Kepala Bidang Peternakan, Donald Lumengkewas, Rabu (13/9/2017).

Dikatakan Donald, pihaknya dalam waktu dekat akan turun ke masyarakat guna melakukan penindakan hewan liar yang berpotensi rabies. “Disini kita jempul bola. Jangan sudah ada korban baru kita jalan,” kata Lumengkewas.

Menurut Donald, penindakan tersebut dalam bentuk penyitaan hewan peliharaan milik masyarakat yang belum divaksinasi atau didata pihaknya.

“Ini khusus untuk hewan yang belum dilakukan vaksinasi rabies, atau belum didata dan ditandai. Makanya kami akan melakukan penyitaan guna memastikan kalau hewan tersebut tidak berbahaya,” jelasnya.

Lanjit kata Donald, penindakan tersebut juga merupakan implementasi dari Peraturan Daerah (Perda) tentang penanggulangan rabies di Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Ini sebagai tindak lanjut dari Perda yang sudah sering disampaikan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu masyarakat juga menyambut baik dengan tindakan pencegahan yang dilakukan dinas terkait.

“Kami sangat mendukung penanganan hewan peliharaan yang sama sekali kami belum tahu kalau berbahaya. Hanya dinas terkait yang tau apa hewan tersebut terjangkit rabies atau tidak. Makanya, kami ingin penindakan tersebut segera dilakukan untuk mencegah terjadinya korban virus rabies,” pinta Marti Assa warga Tosuraya Barat. (noldy)

You must be logged in to post a comment Login