Hadiri RKPDes, ini Permintaan Camat Bolangitan Barat

Filed under: Bolmong Raya |

IMG-20170915-WA0145
Bolmut- Swaramanadonews.com:Dalam rangka mencermati dan menjabarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Pemerintah desa diwajibkan menggelar Rapat Kerja Pemerintah Desa (RKPDes).

Menghadiri RKPDes yang digelar pemerintah desa Langi, Camat Bolangitang Barat Usman Djarumia menghimbau kepada peserta rapat agar mempersiapkan sematang-matangnya agar program yang diusulkan untuk tahun 2018 bisa tepat sasaran dan berefek positif. Selain itu, Usman juga meminta kepada pemerintah desa agar memahsimalkan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). “beberapa waktu lalu, seluruh sangadi dan sekdes di Bolaang Mongondow Utara difasilitasi pemerintah Kabupaten untuk study Banding di wilayah Jogjakarta dimana salah satu yang kami kunjungi adalah untuk melihat pengelolaan BUMDes di Desa Ponggok dimana desa tersebut menghasilkan puluhan miliar dari pengelolaan BUMDesnya. Kedepannya diharapkan agar desa-desa di wilayah Bolaang Mongondow Utara khususnya yang ada di kecamatan Bolang Itang Barat ini untuk dapat memaksimalkan pengelolaan BUMDes, selain merencanakan program-program pembangunan lainnya,” Ujarnya.

Usman mengakui bahwa diwilayah Bolaang Mongondow Utara masih sangat minim farian dan pengetahuan masyarakat dalam pengembangan BUMDes. Dia mengharapkan agar lewat RKPDes ini kedepannya seluruh desa yang ada diwilayah Bolaang Mongondow Utara agar dapat merubah hal ini, “biasanya anggaran yang dikucurkan di desa kebanyakan hanya dihabiskan untuk program pembangunan infrastruktur, sementara untuk BUMDes hanya dianggarkan kecil dan tidak maksimal juga pengelolaannya juga tidak diimbangi oleh Perdes yang dapat mempertegas pemaksimalan kerja BUMDes tersebut, kedepannya hal-hal seperti ini harus kita ubah agar dapat menekan angka pengangguran serta mendatangkan pemasukan ke desa,” Tambahnya.
Ditemui setelah acara tersebut, usman mengatakan bahwa seluruh desa yang ada di wilayah kecamatan Bolangitang Barat yang sudah melaksanakan RKPDes telah diberi masukan yang sama demi kemajuan desa-desa tersebut. “dari seluruh desa-desa yang saya kunjungi, saya telah himbau untuk memaksimalkan pengelolaan BUMDes, untuk wilayah Bolmut sendiri, selama ini basih sangat terbatas fariannya, mulai dari usaha sewa kursi, usaha sewa tenda, juga ada usaha sewa piring, kedepannya harus ada inovasi-inovasi baru yang cemerlang yang dapat mendatangkan income lebih bagi desa. Kalau Desa Ponggok bisa, kenapa kita tidak?, kalau kesamaan presepsi kita untuk membangun sudah sama, dan kita semua mau bekerjasama membesarkan usaha-usaha ini secara bersama, saya yakin semua yang kita rencanakan akan terwujud,” tutupnya.
Sangadi Langi Mochdar Masuara mengatakan bahwa kedepannya pihaknya dan seluruh masyarakat langi akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan BUMDes ini, “kalau ingin baik, kedepannya BUMDes harus kita maksimalkan agar kehidupan masyarakat juga bisa terjamin lewat pengurangan angka pengangguran serta peningkatan pendapatan perkapita. Sebagai salah satu aparat yang juga diajak studi banding kewilayah desa Ponggok, saya juga mempunyai tanggung jawab untuk mensosialisasikan apa yang kami lihat disana, semoga kita semua bisa bekerja sama demi terwujudnya kehidupan yang lebih baik lagi,” ujarnya.(Fandy)

You must be logged in to post a comment Login