Dinas Perpustakaan POHUWATO Kunker ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Tomohon

IMG-20170915-WA0022

Foto:Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Tomohon bersama Rombongan Kunker Dari Pohuwato

(SMNC).TOMOHON~.Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tomohon menerima kunjungan kerja (KUNKER) dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo.Kamis (13/09/2017),Kemarin.Kunker ini diterima langsung oleh Kadis Perpustakaan Tomohon Ventje Karundeng.

“Kunjungan kerja dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pohuwato bertujuan untuk belajar tentang pengolahan dan sirkulasi dalam alur sistem digital perpustakaan karena di Pohuwatu sendiri belum bisa menggunakan sistem digital ini”.Ujar Karundeng Kepada swaramanado.

Dijelaskannya,penggunaan sistem digital ini sangat mudah karena apabila akan mencari buku tinggal mengidentifikasi barcode dan cap istimewa yang ada pada lembar khusus buku kemudian di scan.”Makna dari cap merupakan identitas buku”. Imbuhnya

Untuk diketahui,rombongan kunker Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pohuwato adalah para Kepaka Bidang dan Kepala Seksi Dinas dan sebelmnya para rombongan telah melakukan kunker di Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara.

Lanjut Karundeng,dalam penggunaan sistem digital ini,harus melalui beberapa tahapan atau proses dimana dalam pencarian buku tinggal mencari dengan bar code

“Menurut mereka mekanisme bagian pengolahan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pohuwato belum berjalan maksimal dan untuk buku sudah ada namun belum diolah seperti di Kota Tomohon”.Jelas Karundeng.

Disisi lain Karundeng mengatakan bahwa di Kantor pelayan publik Kota Tomohon sudah ada perpustakaan mini dengan jumlah buku mencapai 2000 dan di Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tomohon sudah mengoleksi sebanyak 20.000 Buku.

” Ya..intinya dari Kunker mereka ini adalah belajar dari Kota Tomohon tentang bagaimana Alur pengolahan Buku dan Pelayanan”.Tutup Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tomohon Ventje Karundeng

Diketahui perpustakaan Tomohon ini telah 6 (enam) kali berturut-turut menjadi perpustakaan terbaik Se-Provinsi Sulawesi Utara dan perpustakaan ini telah menggunakan sistem Digital.

Adi Pontoan

You must be logged in to post a comment Login