Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Mitra, e-Refferal Solusi Bagi Dinkes Mitra

Filed under: Berita Utama,Mitra |

unnamed

RATAHAN – Sering menjadi keluhan di masyarakat terkait pelayanan kesehatan. Maka dari itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Minahasa Tenggara, menyadari harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Kemudian munculah aplikasi E-Referal, yang kegunaanya untuk membantu pihak Puskesmas dalam menangani pasien.

Aplikasi ini menurut Kepala Dinkes Minahasa Tenggara, dr Rinny Tamuntuan, memudahkan pasien untuk melakukan pengobatan.

“Misalnya ada pasien yang akan dirujuk dari Puskesmas ke ┬árumah sakit, tentunya lewat aplikasi ini keadaan dan kondisi pasien sudah diketahui medis di rumah sakit. Karena pihak Puskesmas sudah memberitahukan secara online mengenai pertolongan pertama sebelum pasien dirujuk,” beber Tamuntuan.

Hanya saja, lanjut Tamuntuan, aplikasi ini harus menggunakan hand phone berbasis android. Dan itu, menurut dia, tidak menjadi kendala bagi pihaknya dalam menjalankan sistem tersebut. Karena pihaknya akan melakukan MOU baik dengan BPJS maupun Telkomsel.

“Sistem ini akan dipakai diseluruh Pusat Kesehatan masyarakat di Minahasa Tenggara. Seperti yang saya sebut, ┬ásistem online ini demi mendekatkan pelayanan yang prima dan optimal bagi masyarakat,” ketusnya.

Lebih memantapkan program ini, pihaknya akan melatih tenaga media disetiap Puskes agar mengetahui cara mengoperasikan e-refferal tersebut.

“Launching pertama akan diresmikan bapak Bupati, bertempat di Puskesmas Ratahan,” sebutnya, sembari menyatakan pihaknya melalui sistem ini akan bekerjasama dengan RSUD Noogan, Langowan, Minahasa, untuk penanganan rujukan pasien berbasis online. (noldy)

 

 

 

You must be logged in to post a comment Login