Kunker Pemkab Mitra, Sumendap Kembali Menyerap Aspirasi Masyarakat Silian Raya dan Touluaan

Filed under: Berita Utama,Mitra |

20171006193726_IMG_8141

RATAHAN – Bupati James Sumendap SH, kembali berbaur dan menyerap aspirasi masyarakat khususnya di Kecamatan Silian Raya dan Touluaan .  Dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, Kamis-Sabtu (5-7/92017).

Dalam agenda tersebut, Bupati bersama jajaran meninjau sejumlah lokasi pembangunan. Kemudian melihat program yang masih kurang sedianya akan dulakukan perbaikan. Tak sampai disitu, Bupati dan jajaran juga menyempatkan wakti untuk mengunjungi warga dengan melakukan dialog serta meminta masukan warga terkait program pemerintah.

20171006215450_IMG_8227

Sebab, melalui pantauan dan dialog pemerintah akan dapat mengukur kesuksesan program serta mengetahui tingkat kepuasan masyarakat atas program yang telah dijalankan.

Sementara, Sumendap dalam kesempatan itu mengakui kalau fungsi turun langsung melihat dan mendengarkan aspirasi masyarakat sangat penting. Sebab menurut dia, turun kemasyarakat gunanya untuk memastikan program pemerintah apakah berjalan sebagamana mestinya.

“Agenda ini juga merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan informasi penting terkait program pemerintah yang dirasa kurang maksimal,” ujar Sumendap.

20171006215450_IMG_8227

Lanjut kata Bupati, dengan melakukan monitoring dilapangan dan langsung berdialog degan warga, pemerintah pastinya siap menjawab apa yang dikeluhkan warga.

“Disini kita hanya memenuhi keinginan masyarakat dengan melihat kondisi dilapangan. Baik itu terkait persoalan kemasyarakatan, perekonomian, pendidikan, kesehatan dan program lainya,” ucap Sumendap.

Dirinya-pun berjanji apa yang menjadi pengeluhan warga akan di bahas secepatnya ditindaklanjuti dengan melakukan perbaikan bahkan penyempurnaan.

“Dengan pelayanan ini, saya berharap masyarakat menjadi tahu terkait pembangunan serta apa yang menjadi sasaran program kinerja pemerintah,” tuturnya.

Dirinya menjelaskan, kekurangan yang ada pastinya akan menjadi bahan evaluasi untuk dimaksimalkan kedepan.

“Semua akan kita rampungkan demi masyarakat dan pembangunan daerah yang lebih maju dan hebat,” kata dia.

Dalam agenda itu,  Bupati membeberkan terobosan yang sudah dilakukan pemerintah kepada masyarakat. Yakni terkait mekanisme penyaluran insentif lansia, proram BPJS dimana tahun depan 2018, seluruh rakyat Mitra akan tercover. Demikian juga dengan bantuan dana duka, beasiswa penyelesaian studi, mekanisme penerimaan CPNS lewat jalur umum maupun tenaga honorer daerah.

“Ada program yang sudah kita realisasikan. Ada juga yang masih kita persiapkan untuk disesuaikan dengan program tahun depan. Yang pasti semua untuk masyarakat Minahasa Tenggara,” tutur Sumendap.

Dirinya juga menjelaskan terkait sistem penerimaan pegawai negeri yang saat ini sudah menggunakan sistem komputer/CAT. “Sekiranya anak anak dididik agar mampu mandiri dan memiliki ilmu yang menjadi modal untuk memasuki era persaingan yang terasa lebih ketat,” tambah Sumendap.

Dirinya berharap para orang tua selalu memotivasi anak agar mau meniti sekolah sampai kejenjang lebih tinggi. Sebab, lanjut Sumendap kedepan pemerintah akan membentuk kelompok kelompok pemuda kreatif untuk lebih menggairahkan serta menggerakkan perekonomian daerah ini.

“Supaya anak2 tidak hanya fokus untuk memjadi PNS saja. Akan tetapi bisa menjadi kreatif dengan memanfaatkan talenta yang ada,” sambungnya.

Hanya saja menurut dia, untuk meraih sukses harus rajin berdoa/beribadah apalagi bersosial di masyarakat. “Agar supaya kita selalu dilindungi Tuhan dan diberikan kesehatan dalam menanpaki setiap kehidupan,” imbuhnya.

Setelah dua hari berbaur dengan masyarakat, dirinya mengucapkan terima kasih  yang setinggi tingginya kepada pemerintah kecamatan, desa, aparat BPD, tokoh masyarakat, agama dan masyarakat yang sudah bersama-sama menunjang serta menerima kami dengan memberikan tumpangan bahkan makan dalam kunjungan kerja.

“Banyak harapan dan keinginan masyarakat akan ditindaklanjuti. Sebab pemerintah daerah juga mempunyai tanggung jawab besar dalam mensejahterakan masyarakat,” tukas Sumendap. (noldy)

You must be logged in to post a comment Login