Rita Dondokambey-Tamuntuan Harap Masyarakat Sulut Gemar Makan Ikan

Filed under: Berita Utama,Pemerintahan,Top News |

IMG-20171011-WA0017Swaramanadonews.com, Manado- Bertempat di Pirates Cafe Kompleks Marina Plasa Manado, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan, Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan melantik pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kab/Kota Se Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (11/10/2017)

Pada kesempatan ini Rita Dondokambey-Tamuntuan yang juga adalah istri tercinta Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE mengatakan adalah satu tekat dan niat untuk memajukan Sulut melalui peningkatan konsumsi ikan yang oleh para ahli  gizi telah diakui manfaatnya bagi kesehatan dan dengan mengkonsumsi ikan dapat meningkatkan kecerdasan maka membudayakan makan ikan sejak usia dini adalah suatu keharusan.

Ditemui Swaramanadonews.com usai pelaksanaan kegiatan ini Rita Dondokambey-Tamuntuan yang juga adalah Ketua TP PKK Provinsi Sulut mengatakan bahwa tadi baru saja melantik Pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kab/Kota Se Provinsi Sulawesi Utara dan kegiatan ini sendiri dilaksanakan berkat kerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara.

“Tadikan saya telah melantik pengurus Forikan Kabupaten/kota maka Kagiatan ini akan dilaksanakan setiap tahun dan untuk Lomba Masak serta inovasi masakan serba ikan, diharapkan makan ikan ini dapat memotivasi keluarga untuk gemar makan ikan dengan mulai mengurangi makan daging” ujar Rita.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven Kandouw mengatakan melalui Pembukaan Kegiatan Gerakan Masyarakat Makan Ikan yang dirangkai sengan pelantikan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional Kabupaten/Kota Se-sulawesi, lomba masak ikan tingkat provinsi dan bazar aneka produk jasil Kelautan, serta pemberian makanan tambahan bagi anak usia sekolah adalah untuk mengsukseskan Program Nasional memasyarakatkan gemar makan ikan.

“Perkembangan dan perubahan lingkungan baik regional maupun global yang begitu cepat dan kompetitif, mengharuskan kita mempersiapkan generasi yang kuat, sehat dan cerdas sehingga kedepan bangsa kita tidak hanya jadi penonton tetapi turut memeinkan peran serta menjadi contoh bagi bangsa lain untuk menjadi bangsa yang maju, moderen dan unggul” ujar Kandouw.

“Ikan termasuk makanan yang rendah lemak, tinggi protein dan merupakan sumber asam lemak omega 3, para peneliti diseluruh dunia mengatakan dengan.mengkonsumsi ikan secara teratur dapat mengurangi berbagai resiko penyakit.
Dengan beragam manfaat positif dari hal mengkonsumsi ikan sudah seharusnya kita mendorong semua stekholder terkait untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya mengkonsumsi ikan. Oleh karenanya saya menyambut baik dan mendukung penuh untuk suksesnya pelaksanaan gerakan masyarakat makan ikan” tutur Wagub Sulut ini.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Ronald Sorongan yang ditemui terpisah mengatakan jangan takut makan ikan karena terdapat banyayak omega 3 yang merupakan salah satu jenis asam lemak yang dibutuhkan tubuh kita

“Kita banyak mengenal ada penyakit sapi gila, flu burung serta masih banyak penyakit lain jika kita mengkonsumsi daging terlalu banyak, karena itu diharapkan tingkat konsumsi ikan di sulut akan lebih meningkat seiring dengan pelaksanaan kegiatan ini, maka produksi ikan akan kita tingkatkan dan dengan meningkatnya permintaan akan kebutuhan ikan ini, tentunya akan berpengaruh pada perdapatan para mesyarakat nelayan di Sulut” ujar Sorongan.

Kegiatan ini juga dihadiri juga Wakil Ketua TP PKK Sulut yang juga Kepala Biro Sosial Setdaprov Sulut dr. Devi Kartika Tanos, Sekprov Sulut Edwin Silangen SE, Kepala Biro Protokol KKP Sulut Clay J. Dondokambey serta segenap pejabat eselon II Setdaprov Sulut.
(Elvis)

You must be logged in to post a comment Login