Rumagit Wakili Bupati Jws Buka Sosialisasi KeProtokolan Di Kabupaten Minahasa

Filed under: Minahasa |
Foto Bersama Peserta Sosialisasi dan Nara Sumber

Foto Bersama Peserta Sosialisasi dan Nara Sumber

Tondano:Swaramanadonews.com:Bagian Humas dan Protokol Kabupaten menggelar Sosialisasi KeProtokolan  yang bertempat di ruang sidang Bupati Kabupaten Minahasa pada Senin.  (13/11).

Kegiatan Yang Di Awali Dengan Laporan oleh Kasubag Keprotokolan Ibu Daine Lantang dan Sekaligus Kegiatan ini  dibuka Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit SH,ini diikuti perutusan di 25 Kecamatan serta SKPD Minahasa

” Kegiatan ini dibuat karena diperlunya bimbingan dan pelatihan Protokol untuk menjadi seorang Protokol hebat dan bertanggung jawab di OPD masing-masing untuk membantu tugas pokok kehumasan dalam membuat berita di Kabupaten Minahasa, ”

” Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada Organisasi Perangkat Daerah tentang Protokol yang benar dan dapat di pertanggung jawabkan serta membentuk kepribadian seorang Protokol yang bertanggung jawab di setiap OPD Kabupaten Minahasa,” lanjutnya.

Sementara Asisten III Setdakab dalam sambutan mengatas namakan Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow, M.Si mengatakan  Sosialisasi Protokol ini sangat penting di adakan untuk mengembangkan potensi aparatur sipil negara menjadi Protokol  yang bertanggung jawab dengan Hasil Kerja.

Sesuai dengan Undang-undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers yang menyatakan bahwa dalam melakukan Tugas perannya perlu menyampaikan Sesuai Dengan Tupoksi .

Selanjutnya Rumagit menyampaikan dalam rangka reformasi birokrasi menyadari bahwa dengan mengenal dan mengetahui cara menjadi Protokol yang  bertanggung jawab.

” Dengan kegiatan ini akan menghasilkan berita yang hebat dan menjadi salah satu prasyaratan menuju tata kelola kepemerintahan yang baik (Good Governance) transparan dan akuntabel sehingga sosialisasi Keprotokolan  Kabupaten Minahasa tahun 2017 di lingkup Pemerintah Kabupaten Minahasa perlu dilaksanakan,” Cetusnya.

Dalam akhir sambutannya Rumagit berharap kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan menyamakan persepsi dalam bidang Protokol, juga dapat menjadi sarana guna meningkatkan kualitas aparatur dalam menyediakan, memberikan informasi yang mampu dipertanggung jawabkan, lengkap, valid, mudah dimengerti dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang berada di bawah kewenangannya selain informasi yang di kecualikan sesuai dengan ketentuan.

 

Sementara di sesi ke dua Nara sumber , Michael Kelah AP M.Si yang adalah Kepala Keprotokolan Kantor Gubernur Sulut. Kelah menegaskan bahwa tugas protokol harus mengetahui dengan persis posisi duduk para pejabat maupun orang yang memiliki jabatan dalam sebuah acara, termasuk orang yang dianggap pantas untuk duduk di suatu tempat terhormat atau yang layak oleh karena kapasitasnya disesuaikan dengan umurnya.

Menjadi protokol tidaklah gampang, selain itu protokoler butuh energi dan samangat agar mampu mengatur acara.

“Tugas protokol adalah meminimalisir terjadinya kesalahan dalam suatu acara. Namun alangkah bahagianya jika tidak terjadi kesalahan,” papar Kelah.

 

Turut Hadir Dalam Kegiatan ini Kepala Humas Dan Ke Protokolan Moudy Pangerapan MAP ,Utusan Dari Skpd ,Kecamatan Dan Wartawan Di Minahasa.(Jim)

You must be logged in to post a comment Login