Disdukcapil Sosialisasi Progres Akte Kelahiran

Filed under: Berita Utama,Mitra |

20171114105837_IMG_0513

RATAHAN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DisdukCapil) Minahasa Tenggara, melakukan sosialisasi terkait penerbitan akte kelahiran anak, bertempat di Sport Hall Center, Kantor Bupati, (14/11/2017).

Menurut kepala Disdukcapil,  David Lalandos AP.MM, menjelaskan tujuan dari sosialisasi ini untuk dokumen anak yang baru lahir agar memdapatkan akte kelahiran anak.

”Jadi saat ini Disdukcapil telah bekerjasama dengan pihak Puskesmas untuk mengeluarkan akte bagi anak yang baru lahir, langsung mendapatkan akte,” ungkap Lalandos .

Mantan Kabag Humas dan Protokler di Setdakab Mitra ini menjelaskan, syarat agar anak barul lahir langsung menerima akte, tenaga medis baik bidan atau dokter, yang menangani langsung saat melahirkan, langsung memberikan laporan ke Disdukcapil maka akte secepatnya akam kami keluarkan.

“Jadi pihaknya (Disdukcapil) telah menyiapkan petugas sampai 24 jam, jadi jika ada peristiwa kelahiran langsung menghubungi petugas atau melalui SMS atau WhatApp,”ujar Lalandos.

Lanjut Lalandos, untuk progres program ini dia mengaku akan segera menindaklanjuti dengan membagikan surat edaran kepada hukum tua, kepala-kepala puskesmas bahkan para bidan, jika ada yang akan mengurus akte kelahiran persyaratannya harus ada keterangan dari dokter puskesmas atau bidan yang menangani proses kelahiran .

“Jadi tidak lagi dari desa yang memberikan keterangan jika akan mengurus akte kelahiran anak namun dari dokter atau bidan yang menangani proses kelahiran, karena mereka yang mengetahui langsung proses lahirnya anak tersebut,” ujarnya.

Lalandos berharap yang hadir pada kegiatan ini, baik itu utusan dari Puskesmas, Bidan, Sekretaris Desa se Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), agar dapat mensosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat tentang pentingnya sistem penerbitan akte lelahiran anak di Mitra.

“Ini sengaja diundang para Sekdes, bidan dan kepala puskesmas, supaya mereka mengetahui aturan baru penerbitan akte lahir, dan ini juga untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan anak yang baru lahir,”. tutup  Lalandos. (noldy)

You must be logged in to post a comment Login