Penyaluran Kondom Terhambat, Vaksetomi Jadi Pilihan Alternatif

Filed under: Berita Utama,Mitra |

FB_IMG_1511397271188

 

RATAHAN – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengaku penyaluran kondom untuk daerah ini, dua tahun belakangan mengalami kendala dari pusat. Sehingga, metode vaksetomi yang dilakukan khusus untuk pria, jadi pilihan alternatif.

Kepala BKKBN Mitra, Anna Dotulong tak menampuk kalau alat kontrasepsi kondom mengalami kendala pendistribusian.

“Saya tidak tahu kabupaten lain masih ada stok kondom atau tidak. Kalau disini memang sudah kosong. Makanya, metode vaksetomi menjadi alternatif,” kata Dotulong.

Dotulong menjelaskan bahwa metode vaksetomi adalah operasi kecil dibagian testis, guna mencegah transportasi sperma dari testis ke bagian sel telur wanita.

“Metode vaksetomi sejauh ini aman dan berhasil menekan angka penduduk. Kami menjamin metode ini tak akan berpengaruh bagi biologis pria,” ungkapnya.

Dia menambambahkan metode vaksetomi ini sudah ada yang menggunakan di daerah ini. Hanya saja, belum cukup banyak pria yang menggunakan metode ini meskipun penggunaannya aman.

“Kita perlu sosialisasi lagi penggunaan motode vaksetomi ini. Supaya kaum pria bisa paham dan dapat mengikuti metode kontrasepsi pengganti kondom tersebut,” tukasnya. (noldy)

 

 

 

 

You must be logged in to post a comment Login