Hadiri EWG ke-54, Lomban dijamu Tantowi Yahya

IMG-20171121-WA0008
BITUNG, SMNC – Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban dijamu Duta Besar Indonesia untuk New Zealand Tantowi Yahya bersama istri di Welington, New Zealand (21/11).
Adapun Kedatangan Lomban ke Welington, dalam rangka mengikuti event Energy Workshop Meeting (EWG) ke-54  digelar pada 20-24 November tahun 2017 yang membahas tentang berbagai hal terkait dengan Low Carbon Model Town (LCMT).
Selain tim kota Bitung di bawah pimpinan Walikota Bitung Max Lomban, juga hadir tim Provinsi Sulut yang dipimpin Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw. Rombongan kemudian makan malam bersama di kediaman resmi Duta besar Republik Indonesia serta mendapat gambaran umum letak geografis kota Welington dimana penggunaan energi ramah lingkungannya mencapai 70%.”Sumber energi ramah lingkungan tersebut dihasilkan oleh Panel Solar, Kincir Angin dan Panas Bumi” ujar Lomban.
Dalam kesempatan itu juga Lomban memaparkan secara singkat keberadaan kota Bitung dan perkembangannya serta berbagai program pemerintah kota Bitung khususnya yang terkait dengan perkembangan LCMT, “Untuk menunjang hal tersebut pemerintah tidak lagi menerima investor yang dalam proses produksinya menggunakan bahan bakar tidak ramah lingkungan” jelas Lomban didampingi Ketua Tim Konservasi Lingkungan dan Sumberdaya Hayati kota Bitung Ny. Khouni Lomban Rawung.
Sementara itu Dubes RI untuk New Zealand, Tantowi Yahya mengatakan dirinya akan terus berupaya semaksimal mungkin mendatangkan investor untuk berinvestasi di Indonesia, serta mengundang Pemerintah kota Bitung dan Provinsi Sulut agar berpartisipasi dalam Festival Musim Semi di Welington,”lewat kesempatan itu nantinya bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan budaya Nusantara khususnya dari Kota Bitung”. Jelasnya.
Ia juga menjelaskan dalam waktu yang tidak terlalu lama akan ada MoU antara Pemerintah New Zealand dan Indoneaia khususnya Provinsi Sulut yang akan disaksikan Presiden Jokowidodo terkait bidang pengembangan panas bumi (Geothermal).

You must be logged in to post a comment Login