Cegah Rebies, Distanak Amankan Anjing Liar

Filed under: Berita Utama,Mitra |
IMG-20171215-WA0003
RATAHAN – Untuk mencegah terjadinya viris rabies di Kabupaten Minahasa Tenggara. Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) bekerjasama dengan Polisi Pamong Praja (Pol-PP) melakukan penertiban hewan yang berpotensi rabies diantaranya yang mendominasi anjing, di Kecamatan Pusomaen, Kamis (14/12/17).
Diungkapkan kepala Dinas Pertanian Ir. Elly Sangian, melalui Kepala Bidang Peternakan, Donald Lumingkewas, bahwa penindakan ini dilakukan dalam upaya meminimalisir kasus rabies yang berada Kabupaten Minahasa Tenggara, yang merujuk pada peratuean daerah no 2 tahun 2016.
“Ini harus dilakukan karena banyak laporan dari masyarakat tentang hewan beresiko rabies, kususnya anjing liar yang banyak berkeliaran serta mengancam warga,” kata Lumentjewas.
Dirinya tak menampik sebelumnya Minahasa Tenggara, mengalami kasus rabies dan terjadi hampir setiap tahunnya.
“Ini terjadi karena kesadaran masyarakat dulunya masih rendah akan bahaya rabies. Namun kami berupaya keras untuk melakukan tindakan pencegahan. Dan hasilnya saat ini sudah ditindaklanjuti dengan adanya perda,” tutur Donald.
Hewan yang berpotensi rabies, seperti anjing dan kucing, yang banyak dipeliraha masyarakat di daerah ini, di ingatkan Donald, untuk selalu diberikan vaksin.
“Intinya proaktif dengan pihak kami (Distanak, red-) sehingga petugas dilapangan tidak kesulitan melakukan vaksinasi,” harapnya.
Sementara bapak Maxi salah seorang warga di pusomaen Mitra, mengaku mendukung program pemerintah dalam melakukan penindakan bagi anjing-anjing yang berkeliaran dijalan bahkan menggangu pengguna jalan yang melintas.
“Hal ini memang sangat perlu dilakukkan karna keberadaan anjing liar sangat mengancam jika kami sedang berkendara, baik mobil maupun motor. Kita juga sebagai warga tidak mau digigit anjing liar jika penindakan tidak dilakukan,” tukasnya. (noldy)
MANADO HUT 1 simba

You must be logged in to post a comment Login