Optimis Mitra Raih Adipura Kategori Kota Kecil, Soleman Minta Masyarakat Tetap Jaga Kebersihan Lingkungan

Filed under: Berita Utama,Mitra |

FB_IMG_1524663103714

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Minahasa Tenggara, dr Tommy Soleman.

RATAHAN – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Minahasa Tenggara, dr Tommy Soleman, mengaku optimis daerah ini akan meraih penghargaan Adipura kategori kota kecil.
Meski diakuinya tim Kementrian Lingkungan Hidup baru mengambil spot yang menjadi sampel penilaian baik di Kota Ratahan maupun Ratahan Timur, belum menjadi penentu. Namun menurutnya tidak mengurangi rasa optimis kabupaten ini akan jauh dari penghargaan sebagai kota sehat.
“Meski ada kesekian kali lagi tim akan mengambil sampel, sebelum akhirnya memutuskan apa kabupaten ini layak atau tidak mendapat adipura kategori kota kecil, namun sampai saat ini saya yakin Minahasa Tenggara akan meraih penghargaan tersebut,” kata Soleman.
Dibeber Soleman, banyak sampel yang diambil oleh tim mulai dari lingkungan masyarakat, tempat umum, puskesmas, sekolah hingga tempat pembuangan akhir sampah (TPS) untuk memastikan bahwa sistemnya tertata rapih dan tidak mengganggu lingkungan.
“Semua di ambil sempel. Kemudian dibawa ke Jakarta, dan diproses sesuai dengan mekanisme penilaian sebagaimana mekanisme di Kementrian,” ujarnya.
Soleman menambahkan, pastinya pengumuman penghargaan kategori kota kecil ini, setelah tim dua kali lagi mengambil sampel. “Tahun depan pasti sudah ada hasil. Kemungkinan penghargaan akan diumumkan pada hari peringatan lingkungan hidup,” tutur Soleman.
Selagi masih ada pengambilan sampel dari tim, dirinya meminta seluruh masyarakat Minahasa Tenggara, apa terlebih masyarakat yang akan di ambil sampel untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan.
“Karena inti dari penilaian adalah kebersihan. Karena penghargaan diberikan bukan untuk nama instansi melainkan nama masyarakat Minahasa Tenggara,” pungkasnya. (noldy)
MANADO HUT 1 simba

You must be logged in to post a comment Login