Warga Bolmong Tolak Perkebunan Sawit, Minta Dondokambey Berikan HGU Tanah Pemerintah Dikelola Masyarakat

Filed under: Berita Utama,General News,Pemerintahan |

2018-07-13 00.27.22Swaramanadonews.com, Manado- “Bapak Gunernur Olly Dondodkambey yang sangat kita cintai kami merasa tersingkirkan dengan adanya perkebunan kelapa sawit di daerah kami, dan tanah Pemerintah yang menjadi hak rakyat telah beralih fungsi sebagai tanah perkebunan kelapa sawit, mereka (Pengelolal perkebunan kelapa sawit-reed) banya melanggar aturan perundang-undangan yang telah dikeluarkan pemerintah, tolong bantu kami kami masyarakat bolaang mongondouw bapak Gubernur Olly Dondokambey yang sangant kami cintai” Demikian antara lain yang disampaikan ratusan warga petani asal Kabupaten Bolmong yang melakukan aksi demo damai di Kantor Gubernur Sulut, Kamis 12/07/2018) siang.
Mereka berharap agar pemerintah dalam hal ini Pemrov Sulut untuknl turun tangan dan mendengarkan aspirasi rakyat Bolaang Mongondouw

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Sulawesi Utara
Evans S Liow SSos didampingi Kepala Dinas Perkebunan Sulut Refly Ngantung menemui para pendemo yang mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE yang tidak bisa ditemui karena berada diluar daerah.

“Sekali lagi proses ini tidak semudah seperti kita membalik telapak tangan. Kami menerima aspirasi bapak/ibu dan kami akan teruskan dalam bentuk laporan kepada pimpinan kami yaitu Gubernur dan Wagub,” Ujar Liow yang disambut tepuk tangan dari para pendemo.

 

Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan Sulut Rrfly Ngantung yang ditemui Swaramanado red.com ini juga menyampaikan akan selalu mengawal aspirasi yang disampaikan para Petani Bolmong ini

“Kita akan memediasi, mensolusikan kira-kira langkah-langkah kongrit apa yang harus dilakukan agar supaya tidak berdampak pada sisi sosial, budaya dan lingkungan, malahan justru mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat setempat,” terangnya.

Ngantung juga menambahkan bilamana instansinya sudah mendapat petunjuk Gubernur Olly Dondokambey SE untuk melakukan inventarisasi seluruh tanah yang berstatus HGU atau sudah lewat masa HGU kepada pemerintah daerah.

“Instansi kami sementara memprosesnya. Pokoknya jangan takut karena pak Gubernur selalu memperhatikan hak-hak kesejahteraan rakyatnya,” Beber Ngantung dalam kesempatan ini.
(Elvis)

MANADO HUT 1 simba

You must be logged in to post a comment Login