Parpol Jangan Mengusung Caleg Yang KONARTE

Filed under: Berita Utama,General News,Pemerintahan,Politik |

IMG-20180714-WA0014Swaramanadonews.com, Manado- Dalam Pemilu 2019 baik KPU dan BAWASLU mengharapkan agar Partai Politik tak mengusung calon legislatif (caleg) Bukan KONARTE (Korupsi Narkoba dan Teroris), artinya PARPOL harus taat dan patuh mengikuti ketentuan yang ada dalam merekrut caleg Ujar Jhonny Suak, Staf Khusus Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey kepada Swarmanadonews.com. Sabtu (14/07/2018).

Menurutnya partai politik harus menjadi filter untuk tidak mengusung caleg yang sudah tercatat KONARTE.

“Parpol harus mengusung caleg yang memiliki integritas dan kredibilitasl serta bersih dari segala perkara hukum. Politikus bersih yang akan mewakili rakyat di parlemen nanti tergantung dari proses pencalonan. Artinya Parpol tidak mengusung calon-calon yang berurusan dengan persoalan hukum seperti teroris, kejahatan seksual dan narkoba dan tak juga mencalonkan eks napi korupsi,” ujarnya
Menurut akademisi Universitas Sam Ratulangi Manado ini dalam proses pencalonan parpol tak boleh menerapkan politik uang atau mahar politik. Persoalan korupsi musuh kita bersama dan rekrutmen harus tanpa politik uang atau mahar politik” Selain itu hal yang juga harus diperhatikan dalam proses pencalonan ialah pemenuhan 30 persen caleg perempuan. Jika tak memenuhi kuota 30 persen di satu dapil maka sanksinya ialah dicoret dari daftar peserta. “Kalau jumlah calegnya ada tujuh orang, harus ada tiga orang perempuan. Ini saya kira hal yang perlu diperhatikan parpol, jelasnya.

“Pendaftaran caleg telah dibuka KPU sejak tgl 4 – 17 Juli 2018 dan dibarengi juga dengan pengawasan termasuk sosialisasi ke DPP parpol peserta Pemilu agar parpol bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik. Dengan harapan sengketa Pemilu bisa dimininalisir. Ini sebagai ikhtiar dari penyelenggara pemilu melakukan upaya pencegahan agar tahapan ini tidak banyak persoalan” bebernya.
Suak, juga mengharapkan Tahapan Pendaftaran Calon dalam Pemilu Legislatif telah dimulai. Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 jauh lebih rumit dibandingkan Pilkada serentak sehingga persiapan harus maksimal, apalagi Pemilu Legislatif dilaksanakan serentak dengan Pilpres. Maka kita harapkan kesiapan KPU dan Bawaslu untuk menghadapi pekerjaan besar ini sehingga kita harap Pileg dan Pilpres semkin berkualitas, semakin demokratis, jujur, adil,” semoga

(Elvis)

You must be logged in to post a comment Login