Pelajari Tupoksi Badan Kehormatan, Pimpinan DPRD Manado Kunker Ke MKD DPR-RI

Filed under: Manado,Pemerintahan,Politik |
wakil ketua dewan manado,richard sualang. (foto ist)

wakil ketua dewan manado,richard sualang. (foto ist)

Swaramanadonews.com,Manado- Kunjungan Kerja (kunker) sejumlah Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR-RI, Selasa(31/7), tujuannya melakukan konsultasi terhadap tugas pokok kerja badan kehormatan yang selama ini perlu menjadi perhatian.

Mengingat badan kehormatan adalah merupakan salah satu alat kelengkapan dewan yang terbentuk guna mengawasi kerja dari setiap personil dewan yang ada. Hal ini dikatakan Wakil Ketua dewan kota Manado, dr.Richard Sualang saat menjawab sejumlah pertanyaan para wartawan.

“Terpenting yakni adanya kejelasan mengenai tugas serta wewenang badan kehormatan (BK).Salah satunya menghadapi soal Pergantian Antar Waktu (PAW), apabila  ada anggota dewan yang di ganti, apakah fungsi BK punya peran atau tidak,”jelas Sualang.

Lanjut Sualang, Dirinya menjelaskan mengutip apa yang menjadi penjelasan dari salah satu staf ahli BK DPR-RI, Zulkifli saat menerima rombongan mengatakan hampir semua BK yang ada di seluruh DPRD Kabupaten dan Kota ternyata sering berkunjung dan menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pergantian antar waktu (PAW).

“Perlu di catat bahwa tugas BK menjaga kehormatan dan bukan memanfaatkan jabatan BK untuk mengadili anggota DPRD.Bukan itu tugas BK sebenarnya, melainkan sekedar fungsi pengawasan saja dan nanti hasilnya akan menjadi kajian internal bersama pimpinan dewan,”tandas Sualang. (yudi barik)

 

You must be logged in to post a comment Login