Timsel Diminta Jeli Menilai Para Calon Komisioner

Filed under: Berita Utama,Mitra |

FB_IMG_1534302357746

 

Caption Foto: Ketua AMPI Mitra, Reagen Pantow

RATAHAN – Setelah berakhir masa jabatan penyelenggara khususnya di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Tenggara, tahun 2018. Maka saat ini calon penyelenggara periode berikutnya yang nantinya akan duduk di kursi KPU Mitra, proses seleksi sementara berjalan. Tak lain adalah peran tim seleksi (Timsel) yang mengodok bahkan menilai para calon penyelenggara, sehingga bisa menghasilkan penyelenggara yang berintegritas dan mampu menjalankan tugas serta tanggungjawab sebagaimana yang diamanatkan undang-undang.

Menelisik para calon penyelenggara yang tengah berjuang untuk mendapatkan hak di kursi Komisoner KPU, kinerja akademisi yang tergabung dalam Tim Sel, mendapat tanggapan dari ketua Angkatan Pelopor Pemuda Indonesia (AMPI) Minahasa Tenggara, Reagen Pantow, Selasa, Kemarin.

Dirinya meminta kepada Tim Sel yang saat ini dipercayakan menggodok calon Komisioner KPU khususnya Minahasa Tenggara, agar jeli menilai calon yang benar-benar bersih dan tidak tersangkut persoalan hukum.

“Timsel dalam seleksi calon penyelenggara harus objektif melihat para calon penyelenggara. Sehingga menghasilkan penyelenggara yang berkompetitif dan berintegritas,” tantang Pantow.

Tak sampai disitu, Pantow kemudian menjamin kalau tim sel objektif dan selektif dalam penilaian  calon penyelenggara, sudah barang tentu pimpinan KPU khususnya Mitra yang terpilih nanti, akan bekerja sesuai apa diamanatkan oleh undang-undang.

Karna tugas sebagai penyelenggara apalagi di KPU, sambung dia, harus mengetahui aturan dan data. Dan itu harus dikerjakan dengan teliti, berlandaskan aturan bukan sembarang dikerjakan.

“Intinya harus mempersiapkan komisioner yang memang mampu untuk tugas ini. Disini, saya hanya penyambung lidah saja, agar tim sel yang dipercayakan negara bisa menilai dan memilih calon penyelenggara dengan baik. Saya juga tidak sedang menggurui ataupun mengintervensi tim sel,” serunya.

Selain Pantow, Dolvi Sumangando selaku ketua Gerakan Masyarakat Pemerhati Pembangunan Mitra mengharapkan hal yang sama.

“Saya kira tim sel sudah sangat tahu apa yang menjadi amanat saat mengodok bahkan memilih calon penyelenggara yang berintegritas dan paham betuk menyangkut tupoksi. Karna merujuk dari tahapan seleksi yang begitu ketat sampai pada penetapan calon penyelenggara bantinya, semua sudah dinilai. Apalagi kalau ada tanggapan masyarakat itu harus diperhatikan jangan sampai diabaikan,” ujar Sumangando.

Baik Pantow maupun Sumangando mempercayakan proses perekrutan calon komisioner KPU Minahasa Tenggara kepada tim sel. “Kami mempercayakan proses ini ke tim yang sudah dipercayakan oleh negara. Yang kami minta tim sel menghadirkan penyelenggara yang bersih dan berintegritas,” tutup Pantow diiyakan Sumangando. (noldy)

You must be logged in to post a comment Login