Gara-gara sapi sangadi desa padang ditetapkan jadi tersangka

Filed under: Berita Utama,Bolmong Raya |
20180914_122520

Foto ilustrasi

SWARAMANADONEWS.COM; Bolmut – Dengan adanya bukti yang cukup, Kejaksaan Negeri Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), resmi menetapkan Kepala Desa (Kades) Sangadi Padang Kecamatan Bintauna inisial BM Tersangka atas kasus pengadaan sapi.

Kejari Bolmut Andi Suharlis, melalui Kepala Seksi (Kasie) Intelijen Robertho Sohilait, saat bertemu dengan sejumlah wartawan mengatakan, bahwa Surat penetapan tersangka dengan nomor: B-403/R.1.19/FD.1/09/2018 tertanggal 6 September 2018 telah kami sampaikan kepada tersangka BM.

“ini dilakukan setelah hasil penyidikan atas pengadaan sapi Induk sebesar Rp 300 juta yang bersumber dari Dana Desa (Dandes) tahun 2017 terbukti ada kerugian negara sebesar Rp 117 juta lebih,” Ujarnya.

Roberto pun jelaskan Bahwa, jika proses pengadaan Sapi Induk tersebut tidak mengikuti aturan serta prosedur yang sudah ditetapkan dalam UU.LKPP no 22 tahun 2015 mengatur tentang tata cara pengadaan barang/ jasa.

“Dengan berbagai alat bukti yang cukup maka kami mengambil kesimpulan untuk menetapkan BM sebagai tersangka atas pengadaan Sapi Induk yang dianggarkan melalui Dandes tahun 2017,” ucapnya (13/10/18), kemarin.

Ia pun menambahkan, selain telah menetapkan tersangka kepada Sangadi Aktif desa Padang Kecamatan Bintauna, Sohilait yang juga pria berdarah Ambon ini ungkapkan bahwa pihaknya saat ini sedang menangani berbagai laporan masyarakat terkait penggunaan Dandes di sejumlah desa yang ada di Kabupaten Bolmut.

“diluar kasus ini kami juga menerima beberapa laporan masyarakat kaitanya dengan kasus yang sama, dan tentunya kami dari Kejari Bolmut terus mengseriusi laporan tersebut jika memang ada bukti-bukti yang cukup karena kami tidak akan main-main dengan hal tersebut,” tutup Roberto. (Is/n).

You must be logged in to post a comment Login