Kades Paksel apresiasi pencanangan KB TNI dan BKKBN Bolmut

Filed under: Berita Utama,Bolmong Raya |
20180926_125818

Foto Kades Paku Selatan, Induk dan Sekretaris Desa

SWARAMANADONEWS.COM; Paku- Pencanangan kampung Keluarga Berancana (KB) di desa-desa Wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terus berlanjut. Kali ini pencanangan kampung KB Tingkat Desa dilaksanakan didesa Paku Selatan, Kecamatan Bolangitang Barat (Bolbar) Selasa (15/10) kemarin.

Kepala Desa (Kades) Paku Selatan Sarip Ponamon yang di wakili oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Ferdianto Lomuli, S.Pd.I saat diwawancarai oleh media swaramanadonews.com mengatakan, bahwa “Desa Paksel terdapat lebih dari 258 KK, terdapat 60 pasangan usia subur, yang masih belum melaksanakan KB,” kata Lomuli.

“Pencanangan kampung KB di Paksel diharapkan menjadi motivasi semua elemen untuk bersama-sama menjadikan Desa Paksel menjadi keluarga yang lebih sejahtera di kemudian hari melalui program KB dan program lain yang terkait dengan peningkatan keluarga sejahtera,” Ucap Egi sapa akrabnya.
“Itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas, agar mampu mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan kehidupan keluarga yang berkualitas, tenteram dan sejahtera. Sehingga Program ini menjadi urgen dilakukan, mengingat jumlah penduduk semakin bertambah dari waktu ke waktu,” lanjut Ferdianto.

Kampung KB, dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat. Dalam hal ini dilaksanakan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB.
“Tambahnya sebenarnya pelaksanaan KB TNI Wilayah sulut Ini dilaksanakan di desa Paksel, namun desa kami belum ada Lokasi yang pas untuk pelaksanaan kegiatan. Jadi kami koordinasi dengan pemerintah Desa (pemdes) Paku Induk meminjam lokasi atau lapangan untuk lokasi kegiatan tersebut,” Pungkas Lomuli jebolan Kampus IAIN Gorontalo ini.
Pelaksana Harian (PLH) Kades Paku Induk Mudrik Lomuli, SE Sangat mengapresiasikan kegiatan KB yang di selenggarakan oleh Mabes TNI Pusat dan di laksanakan oleh Kodim 1303/BM dan BKKBN Bolmut di desa kami, “Semoga kegiatan KB ini sangat membantu masyarakat Paku Induk khususnya Masyarakat Paksel dalam hal kesehatan lebih ditingkatkan lagi,” Ujar Mudrik Mantan Aktifis Alumni IAIN Gorontalo ini.

“Kampung KB merupakan salah satu bentuk / model miniature pelaksanaan total program Kependudkan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah,” terang Lomuli orang yang murah senyum ini.

Hadir dalam acara tersebut, Kadis Kesehatan Bolmut Camat Bolbar, Danramil dan Kapolsek serta, Jajaran PL KB, PKK Desa dan masyarakat desa paku Selatan dan paku induk. (?Is/N)

You must be logged in to post a comment Login