Panwas Bolangitang Barat gelar sosialisasi pengawasan Pemilu

Filed under: Berita Utama,Bolmong Raya |
IMG-20181009-WA0023

Sosialisasi pengawasan pemilu

SWARAMANADONEWS.COM; Bolmut – tepatnya di Rumah Makan Lavista Pantai Pinagut, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) hari ini selasa (09/10/2018) menggelar Sosialisasi pengawasan Pemilu.

Kegiatan yang digelar oleh Paswascam, Bolbar ini menghadirkan para peserta yang terdiri dari Para Sangadi se Kecamatan Bolangitang Barat, Tokoh masyarakat, dan sampel Pemilih Pemula.
Bertindak selaku Moderator dalam sosialisasi ini adalah Ridwan Lasamano yang merupakan wartawan di salah satu media.

Sosialisasi ini mengusung sejumlah tema materi seperti, Peran Pemerintah dalam pengawasan Pemilu, Regulasi tentang kepengawasan Pemilu, Peran Kepolisian dalam pengawasan Pemilu, dan materi lainnya, bertindak selaku pemateri diantaranya, Camat Bolangitang Barat, Komisioner Bawaslu Bolmut dan dari Kepolisian.
Camat Bolangitang Barat, saat hadir diacara tersebut, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemilu adalah sarana pemenuhan kedaulatan, Camat juga membawakan materi tentang peran Pemerintah.
“Peran Pemerintah dalam kepemiluan adalah pada aspek data kependudukan, karena data kependudukan itu penting, segera urus dokumen data kependudukan seperti KTP dan Kartu keluarga di instansi terkait”.
“Ia juga menyampaikan, Saat ini di era demokratisasi diberi ruang penuh untuk menentukan wakilnya, maka kita sebagai masyarakat harus menggunakan sebaik-baiknya hak pilih yang dijamin konstitusi. Hindari Golput, karena salah satu parameter kesuksesan Pemilu itu adalah tingginya angka partisipatif masyarakat dalam menggunakan hak pilih” ucapnya.

Komisioner Bawaslu Bolmut, Misrawati Pakaya yang juga hadir dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa kita semua adalah pengawas, namun negara membentuk Bawaslu sebagai lembaga khusus penanganan pelanggaran Pemilu.

Sementara itu, Ketua Panwascam Bolangitang Barat, Fadli Potabuga menyampaikan tentang penanganan pelanggaran pidana Pemilu, Fadli menekankan tentang ketatnya regulasi soal netralitas TNI, Polri, ASN, Sangadi dan Aparat Desa untuk tidak terlibat dalam politik Praktis. (Nani)

You must be logged in to post a comment Login