ishak 12

Pemkab Bolmut gelar Penobatan adat Kidoni Pangulu Bupati dan Wakil Bupati 2018-2023

Filed under: Advetorial,Bolmong Raya |
20181016_160317

Penjemputan adat kepada Gubernur dan wakil Gubernur Sulut

SWARAMANADONEWS.COM; Bolmut- tepatnya dirumah Raja Komalig R.S Pontoh Kerajaan Besar Kaidipang, Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut Gelar Acara penobatan adat Kidoni Pangulu dan Apango pangulu Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Bolmut, dan penganugerahan Adat kidoni Kiombu Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), selasa (16/10).
Acara penobatan yang dihadiri langsung Oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambei, SE dan Wagub Drs. Steven Kandow.

20181016_160227

Prosesi penjemputan adat Kidoni Kiombu agu Apango Kiombu Gubernur dan wagub Sulut

Bupati Bolmut Drs. Hj Depri Pontoh dalam sambutanya, mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Gubernur dan Wagub Sulut yang sempat hadir dalam acara penobata adat Kidoni Kiombu Bolaang Mongondow Utara.
Depri juga beri ucapan terimakasih kepada Gubernur Provinsi Gorontalo ataw yang mewakili, dan kepada seluruh Bupati dan wabup, Wali Kota dan Wakil Walikota se- Provinsi Sulut yang hadir pada acara penobatan adat tersebut.
” Acara penobatan adat Kidoni Kiombu Pangulu Bupati dan Wakil Bupati Bolmut 2018-2023, juga penganugerahan gelar adat Kidoni Kiombu Gubernur Sulut dan Wagub Merupakan acara yang sangat sakral dilaksanakan oleh Kerajaan besar kaidipang yang berdiri sejak abad ke 17 atau kurang lebih 1600 tahun yang lalu, ” Ucap Pontoh.

20181016_160250

Jemputan Adat Kidoni kiombu agu Kiombu gubernur Sulut

Oleh karena itulah serta niat yang tulus rasa tanggung jawab, “saya Pribadai dan Bapak wakil Bupati akan melaksanakan dengan sepenuh hati apa yang menjadi harapan Aliansi adat dan masyarakat Bolmut, insyallah saya dan Wabup akan melaksanakan pembangunan didaerah ini selama lima tahun kedepan melalui satu Visi yaitu, mewujudkan daerah Bolmut yang Berkelanjutan, Mandiri, Berbuaya dan berdaya saing dibawah arahan dan bimbingan Gubernur Sulut,” Ujar Bupati.
Pontoh pun menguraikan, perlu juga kami sampaikan bahwa ” Kabupaten Bolmut merupakan dua eks suap raja, kerajaan Kaidipang Besar dan kerajaan Bintauna, yang sangat kental dengan adat istiadatnya, beberapa situs peninggalan sejarah kerajaan masih berdiri Kokoh termasuk Komalig R.S Pontoh,” jelasnya.

20181016_160153

Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat sambutan dalam acara penobatan adat

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE saat berikan sambutan, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Masyarakat Bolmut yang sudah memberikan gelar adat yang sangat besar bagi Gubernur dan Wagub Sulut, “Kidoni kiombu Gubernur dan Kidoni kiombu wakil Gubernur Sulut,” ucap Gubernur Olly Dondokambey.
“Sejak saya menjabat jadi Gubernur, baru dua kali ini mendapakan gelar yaitu di Sanger dan Bolmut,” kata Olly.
Gubernur berpesan kepada Bupati dan wabup yang sudah mendapatkan gelar, “selaku pimpinan bagi seluruh masyarakat yang ada didaerah ini, maka perlu dipahami bahwa tugas utama saudara-saudara ialah memastikan berjalanya proses urusan pemerintahan, pembangunan, sosial kemasyarakatan akan tetap bergerak maju dan sinergitas dengan apa yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi dan Pusat, dan tentunya bekerja sama dengan Forum Pimpinan daeran dan seluruh stegholder yang ada di kabupaten Bolmut,” pesan Olly.
Saya hadir disini bersama kadis Pertanian, Kehutanan dan PU, “artinya apa? Mereka melihat secara langsung apa yang kurang di kabupaten Bolmut tersebut, sehingga APBD 2019 nanti minta aja pak Bupati dan Wabup pasti tuntas itu,” ucap Dondokambey dengan senyum.

20181016_161117

Foto bersama Gubernur dan Wagub dengan penari adat Kerajaan kaidipang Besar Bolmut

Gubernur juga mengatakan, bahwa budaya yang ada di Bolmut ini dipelihara dengan baik, nanti pemerintah provinsi akan membantu secara langsung dalam APBD juga agar di tata lebih baik, karena sesuai dengan visi misi Provinsi Sulut untuk meningkatkan pariwisata, katanya.
Hadir dalam acara tersebut, Kapolda sulut, unsur Forum Koordinasi Pimpinan daerah Sulut, Danrem 131 Santiago, Kapolda Sulut, kejati sulut, Lantamal 8, wakil Wali kota Kotamobagu, ketua Pengadilan Negeri Bolmong, Sekretaris Daerah, ketua DPRD Bolmut, kejari Bolmut, Pimpinan DPRD Bolmut, kepala SKPD se-Bolmut, seluruh camat dan sangadi se Kabupaten Bolmut. (Nani)

(ADVETORIAL).

You must be logged in to post a comment Login