Ketua DPRD Sulut Lantik dan Ambil Sumpah Arifin Dunggio

Filed under: Advetorial,Berita Utama |

Manado.SMNC – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (31/10/2018)menggelar Rapat Paripurna Istimewa Pengucapan Sumpah Janji Pengganti Antar Waktu (PAW) Hi. Arifin Dunggio sebagai anggota DPRD Sulut sisa masa jabatan 2014-2019 menggantikan Pdt. Denny Sumolang.

M 1Rapat Paripurna Istimewa Pengucapan Sumpah Janji Pengganti Antar Waktu (PAW) dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Andrei Angouw didampingi wakil ketua Stefanus Vreeke Runtu dan Marthen Manopo, serta dihadiri Gubernur Olly Dondokambey.

M 2Rapat paripurna di awali dengan pembacaan surat masuk oleh Kepala Bagian Persidangan Ronny Geruh berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 161.1-43 Tahun 2018 tentang Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara atas nama Hi. Arifin Dunggio sisa masa jabatan 2014-2019.

M 3Dalam sambutannya Ketua DPRD Andrei Angouw menjelaskan, rapat paripurna Pengucapan Sumpah atau Janji Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara dilaksanakan berdasarkan rapat Badan Musyawarah (Banmus) dan sesuai Pasal 114 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata-tertib DPRD Provinsi dan Kota yang menyatakan pada Ayat 1: Anggota DPRD pengganti antar waktu sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah janji yang dipandu pimpinan DPRD dalam rapat paripurna DPRD.

M 4Ayat 2: Masa jabatan anggota DPRD pengganti antar waktu melanjutkan sisa masa jabatan anggota DPRD yang digantikannya, selanjutnya, Andrei Angouw melantik dan mengambil sumpah Hi. Arifin Dunggio sebagai anggota DPRD Sulut sisa masa jabatan 2014-2019 menggantikan Pdt. Denny Sumolang.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan PAW Pdt. Denny Sumolang kepada Hi. Arifin Dunggio adalah penggantian yang fenomenal, “Ini penggantian yang fenomenal dari pak pendeta diganti pak haji, inilah Sulawesi Utara yang kita kenal daerah dengan toleransi sangat tinggi. Bisa kita lihat di lembaga-lembaga pemerintahan dan di manapun,” jelas Olly Dondokambey.

M 5Lebih lanjut Olly berharap agar sikap toleransi terus di jaga, “Saya sangat berharap hal-hal seperti ini (toleransi) kita jaga terus sehingga nuansa di negara kesatuan ini bisa dicerminkan ke mana-mana,” ucap Dondokambey.

Olly Dondokambey menaruh harapan kepada Arifin Dunggio sebagai anggota DPRD yang baru agar supaya dapat memberikan aspirasi-aspirasi yang baru bagi pemerintah dalam usaha bersama dengan satu tujuan menyejahterakan masyarakat.

M 6“Terima-kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD yang sudah mengagendakan rapat paripurna ini karena selanjutnya akan melaksanakan agenda pembahasan APBD 2019”, Mengakhiri sambutannya  Olly Dondokambey menyampaikan terima-kasih dengan harapan semua anggota DPRD bisa bekerja bersama-sama dengan pemerintah.

Di hari yang sama, Kerukunan Mahasiswa (Kemah) Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM) mendatangi DPRD Sulut dan membawa aspirasi penolakan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pesantren dan Pendidikan Keagamaan sementara dibahas DPR-RI yang rencananya juga mengatur tentang Sekolah Minggu dan Katekisasi, rombongan Kemah KGPM di terima langsung oleh Ketua DPRD Andrei Angouw didampingi Stefanus Vreeke Runtu, Boy Tumiwa dan Eddyson Masengi,

Adv 1Dalam penyampaiaannya mewakili DPRD Sulut, Andrei Angouw menyambut baik aspirasi masyarakat termasuk Kema KGPM yang peduli pada kebebasan beragama.

“Karena kebebasan beragama sudah diatur melalui Undang-Undang Dasar 1945, sudah harga mati! Aspirasi adik-adik mahasiswa kami terima untuk dilanjutkan ke pemerintah pusat,” pungkas Andrei Angouw. (Aten’S)

You must be logged in to post a comment Login