Puncak Perayaan Hut Ke 590 Kabupaten Minahasa Sukses Di Gelar

Filed under: Advetorial,Minahasa |
FB_IMG_1541383439571

Selamat Hari Jadi Minahasa Ke 590

Tondano:Swaraamanadonews.com:Perayaan Puncak Kegiatan Hari Jadi Minahasa ke-590 tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Minahasa bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) , menggelar Rapat Paripurna Istimewa yang bertempat di gedung Wale Ne Tou Tondano, Senin (05/11)mulai pukul 11.00 WITA.

Paripurna Istimewa yang dipimpin langsung Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, didampingi Wakil Ketua Ventje Mawuntu dan Ivonne Adries, serta Sekretaris DPRD Minahasa Dr Christian Vicky Tanor MSi ini, turut dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven OE Kandouw, Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi.

IMG-20181105-WA0056

Wagub Steven Kandouw ,Bupati Dan Wakil Bupati Serta Pimpinan Dprd

Saat membuka rapat Ini,Ketua DPRD James Rawung menyampaikan bahwa, sehubungan dengan peringatan Hari Jadi Minahasa ke-590, atas nama Pimpinan dan Anggota DPRD Minahasa mengucapakan selamat Hari Jadi Minahasa.

” Hari Jadi Minahasa bukanlah sekedar seremoni belaka, namun mari jadikan sebagai suatu momentum dari lembaran dan tonggak sejarah yang baru, dengan berakar dan bermakna pada nilai-nilai luhur budaya dan semangat kearifan lokal.Terus meneladani dan menumbuh kembangkan semangat mapalus, karena semangat itulah ikatan persaudaraan telah membesarkan tanah Minahasa secara tahap demi tahap sehingga menjadi daerah otonom yang memiliki daya saing dan mampu mensejajarkan diri dengan daerah otonom yang lain,” kata Rawung.

IMG-20181105-WA0055

Rawung pun mengajak seluruh masyarakat Minahasa agar menjadikan peringatan Hari Jadi Minahasa ini sebagai wahana untuk menilai sejauh mana kita melangkah dan seberapa besar kontribusi kita dalam mengisi pembangunan bagi kejayaan tanah Minahasa pada khususnya, dan Negara Kesatuan Repoblik Indonesia pada umumnya.IMG-20181105-WA0043

“Momentum historis ini mengingatkan kita tentang rintisan ide, gagasan, bahkan buah karya yang telah digoreskan oleh putra putri terbaik tanah Minahasa dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi, bagi kemajuan Minahasa, tanah Toar Lumimuut tercinta. Karena itu, sudah selayaknya kita menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada sesepuh pimpinan Minahasa dari waktu ke waktu, dan kepada semua elemen masyarakat yang ada di tanah Minahasa, yang telah memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah ini,” ujarnya.

FB_IMG_1541478949110

Para Tamu Dan Undangan

Dalam Paripurna itupun DPRD mengapresiasi dan penghargaan atas program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, ROR-RD, dan jajarannya yang telah dilaksanakan antara lain BPJS Kesehatan 100 persen, pemberian Dana Duka Rp 2.500.000, serta pemberian langsung Akta Perkawinan, Kartu Keluarga dan KTP kepada warga yang melakukan pencatatan sipil pernikahan.

IMG-20181105-WA0053

“Apresiasi kami terhadap rencana Pemkab Minahasa, untuk pengembangan Danau Tondano secara komprehensif dan tentunya harus didukung dengan pembentukan Perda Danau Tondano. Program ini selaras dengan visi ROR-RD, Minahasa Maju Dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat, Adil dan Sejahtera,” tukasnya.

IMG-20181105-WA0058

Bupati Saat Membawakan Sambutan

Sementara Bupati ROR dalam sambutannya mengatakan, Hari Jadi Minahasa ke-590 ini menjadi sangat istimewa, sebab merupakan yang pertama bagi dirinya bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, dalam memimpin Kabupaten Minahasa, yang baru menginjak 1 bulan 11 hari.

“Momentum bersejarah ini sekaligus juga mengingatkan kita untuk memberikan penghargaan dan terima kasih kepada mereka yang telah berjuang dan mengabdi serta memberikan kontribusi. Seperti Proklamator Indonesia
mengatakan, jangan sekali-kali meninggalkan sejarah, dimana kutipan selanjutnya mengatakan, Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghormati para pahlawan. Kiranya ini bisa tetap tertanam di setiap hati masyrakat Minahasa,” kata Bupati.

IMG-20181105-WA0045

Bupati Minahasa juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil presiden Jusuf Kala yang menunjang program di minahasa, dan secara khusus  apresiasi dan penghargaan kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan wakil Gubernur Steven Kandouw serta forkopimda yang selalu menunjang pembangunan di tanah minahasa,” Kami tetap berharap dukungan dan topangan ini terus berlanjut agar pembangunan di tanah minahasa dapat tercapai sesuai apa yang diharapkan,” kata ROR.

Ditambahkannya pula, sejak dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati minahasa ROR RD telah berkomitmen untuk membangun minahasa lewat visi terwujudnya minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat adil dan sejahtera yang ditopang dengan 5 misi  serta nawacita RRRD dan 22 kegiatan unggulan yang kesemuanya untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

IMG-20181105-WA0026

“Pembanguna minahasa kedapan akan berupaya membangun sumberdaya manusia yang berbudaya dan berdaya saing, mengujutkan kemandirian ekonomi disektor pertanian perikanan dan pariwisata, pengembangan kewilayahan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan, pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan serta menciptakan menajemen birokrasi yang profesional melalui tata kelola pemerintahan yang baik bersih dan berwibawa, termasuk aspirasi masyarakat lewat pemekaran beberapa daerah yaitu Kota Langowan dan Minahasa Barat, Kami tentu akan berjuang bersamasambil menunggu moratorium pemekaran dicabut,” papar Bupati.

IMG-20181105-WA0044

Bupati menambahkan bahwa pengembangan pariwisata di seputaran danau tondano, pantai timur serta pantai barat, tempat tempat wisata sejarah dan wisata rohani yetap akan menjadi propritas dalam pembangunan 5 tahun kedepan. Khususnya danau tondano kami memohon dukungan dari masyarakat dalam proses revitalisasi mengingat sanau tondano yang telah masuk 1 dari 15 danau prioritas pemerintah dari tahun ketahun mengalami pendanglalan dan penciutan luas.

Dari data lingkungan hidup pada tahun 1939 kedalaman danau tondano masih sedalam 43 meter, sementara pada tahu 2015 tinggal 14 meter, begitu pula luas danau tondano, tahun 1939 luas sanau masih 5600 hektar, pada tahun 2015 menciut mejadi 3925 hektar.

“Ini tentu sangat memperihatinkan oleh karena itu mari kita pelihara dan lestarikan danau tondano. Tahun ini kita upayakan pembuatan peraturan daerah yaitu perda sonasi danau dan pengelolaan danau serta beberapa peraturan untuk menunjang pembangunan di minahasa,” pungkanya.

IMG-20181105-WA0057

Wakil Gunernur Sulut Steven Kandouw, dalam sambutannya mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan, Hari Jadi Minahasa harus dijadikan sarana kontemplasi, introspeksi dan evaluasi. Dikatakan Kandouw, Visi dan Misi ROR-RD mulai terimplementasikan dengan baik, dan sejauh ini dalam penilaianya dengan nilai yang sangat baik.

“Awal pemerintahan ROR-RD di Minahasa telah menunjukkan perkembangan yang sangat baik, dimana program-program yang diutarakan saat kampanye mulai dibuktikan. Momentum Hari Jadi Minahasa ini tentu menjadi penyemangat dalam membangun Minahasa kedepan. Biarlah sinergitas antara Pemkab Minahasa dan Pemprov Sulut dapat terus berjalan baik, untuk kemajuan Minahasa,” ujar Kandouw sembari menyampaikan selamat Hari Jadi Minahasa ke-590, 5 November tahun 2018.

Turut hadir dalam Rapat Paripurna ini, Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kementrian Dalam Negeri Dr Nelson Simanjuntak SH MSi, Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny C M Roring-Lumanauw SIP, Wakil Ketua TP-PKK Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong, Forkopimda Sulut, Forkompimda Minahasa, perwakilan Kepala Daerah Kabupaten Kota di Sulut, para mantan Bupati Minahasa, para mantan Ketua DPRD Minahasa, jajaran Pejabat Pemprov Sulut, jajaran Pejabat Pemkab Minanasa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. ( Jim) Advetorial .

You must be logged in to post a comment Login