“Strategi mengatur waktu bagi mahasiswa yang aktif dikampus”

Filed under: General News,Manado |

Maria SarjukiMahasiswa adalah seseorang yang belajar di perguruan tinggi baik universitas swasta maupun negeri. Mereka yang terdaftar sebagai murid di perguruan tinggi dapat disebut sebagai seorang mahasiswa. Mahasiswa sudah dapat berpikir matang terhadap sesuatu yang ada dilingkungannya.

Menjadi seorang mahasiswa janganlah hanya sebatas mahasiswa biasa, kita harus mengikuti arus pergaulan kampus namun tentunya pergaulan yang memberikan dampak positif bagi pergaulan kita. Kita harus membiasakan diri untuk menunjukan rasa sosial yang tinggi salah satu caranya dengan mengikuti atau turut serta bergabung dengan organisasi-organisasi yang ada dikampus. Organisasi yang dapat diikut seperti Badan Eksekutif Mahasiswa, Badan Perwakilan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, dan beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada dikampus.

Dalam beberapa survei juga menunjukan bahwa lebih dari 50% mahasiswa aktif dikampus dan banyak mahasiswa yang berpendapat mengikuti kegiatan organisasi di kampus adalah penting.

Berikut ini adalah manfaat bagi mahasiswa yang aktif dikampus :

1. Memperluas wawasan dan menambah pengetahuan Untuk memperluas wawasan dan menambah pengetahuan mahasiswa dapat melakukan dengan cara buku, mengikuti kuliah dengan benar dan juga lewat organisasi. Dengan membaca buku mahasiswa dapat menambah wawasan tentang teori beda halnya dengan mengikuti organisasi. Dengan mengikuti organisasi, mahasiswa dapat menambah pengetahuan lewat dunia nyata atau secara langsung.

2. Memperluas jaringan Mengikuti organisasi berarti masuk kedalam sebuah jaringan baru karena di dalam organisasi akan ada banyak orang yang baru dikenal. Teman-teman mahasiswa seangkatan, senior, ataupun mahasiswa dari jurusan lain. Dari mereka, kita akan mendapat informasi tentang lowongan pekerjaan entah itu dari kantor tempat mereka bekerja atau dari informasi yang mereka miliki.  3. Belajar menjadi pemimpin dan meningkatkan leadership skill Organisasi merupakan salah satu wadah atau tempat untuk mengembangkan dasar-dasar kepemimpinan dalam diri seseorang. Dengan mengikuti banyak organisasi mahasiswa dapat melatih diri untuk mengutarakan pendapat dihadapan orang lain maupun mengarahkan sesama anggota untuk mencapai suatu tujuan dalam organisasi.

Namun dengan banyaknya aktifitas yang diikuti dikampus seringkali mengakibatkan mahasiswa sulit untuk berkonsentrasi dan fokus pada kegiatan akademik perkuliahannya, karena dengan semakin banya kegiatan yang diikuti maka waktu yang ada akan terbagi-bagi. Dengan semakin banyak organisasi yang diikuti maka akan semakin banyak waktu dan pikiran yang terkuras. Inilah yang membuat beberapa mahasiswa yang mengikuti kegiatan atau organisasi dikampus sering kali menjadi tidak fokus dalam belajar, padahal kegiatan akademik merupakan salah satu hal penting dalam kegiatan perkuliahan.

Untuk itu mahasiswa harus pandai-pandai mengatur waktu antara kegiatan akademik dikampus maupun kegiatan organisasi yang diikuti.

Berikut ini strategi yang dapat diterapkan oleh mahasiswa yang aktif dikampus agar dapat mengatur waktu dengan baik :

1. Menggunakan agenda Gunakan agenda untuk mencatat semua jadwal aktifitas yang akan dijalani. Dengan menggunakan agenda, maka mahasiswa tidak perlu mengkuatirkan jika melupakan sesuatu. Agenda juga dapat membuat setiap kegiatan menjadi terstruktur dan terkontrol dengan baik.

2. Membuat rencana mingguan Setelah memiliki buku agenda dan mencatat semua aktifitas yang akan dijalani, mahasiswa juga harus dapat mengidentifikasi ataupun menggolongkan setiap jadwal yang ada. Caranya dengan menghubungkan setiap tugas yang didapat dari dosen dengan kegiatan organisasi yang akan dijalani. Dengan menghubungkannya, mahasiswa dapat menentukan prioritas suatu tugas ataupun kegiatan organisasi yang ada.

3. Tidak menunda-nunda Sebagai seorang mahasiswa pastinya terdapat suatu kewajiban yaitu tugas yang diberikan oleh dosen. Perbiasakan untuk tidak menunda-nunda membuat tugas yang ada agar tugas tidak menumpuk dan mahasiswa dapat menjalani organisasi yang ada tanpa melupakan tugas yang diberikan dosen.

Ini adalah strategi bagi mahasiswa yang aktif dalam kegiatan organisasi dikampus. Dengan mengatur semua kegiatan, mahasiswa dapat membagi waktu dan pikiran dengan baik sehingga seluruh tugas maupun kegiatan organisasi dapat diselesaikan dengan tepat waktu.
Salah satu hal yang terpenting dalam melakukan kegiatan baik akademik atau kegiatan organisasi dikampus adalah melakukannya dengan segenap hati dan sebaik mungkin. Kerjakanlah semua tugas yang dimiliki baik tugas kuliah ataupun kegiatan organisasi dengan maksimal.

Penulis: Maria Sarjuki
Fakultas Ekonomi Universitas Katolik De La Salle Manado

You must be logged in to post a comment Login