Memulai Usaha Dengan Modal Kecil? Jangan Khawatir!

Filed under: Ekonomi |

Inggrid TulasModal memang merupakan salah satu hal penting jika seseorang ingin memulai suatu usaha. Namun, bukan berarti modal menjadi penghambat dalam memulai usaha. Banyak orang yang ingin menjadi enterpreuner namun terlalu terpaku pada modal. Seseorang yang ingin berwirausaha diharapkan berfokus pada hal-hal yang akan ia lakukan kedepannya dan bukan terfokus pada berapa banyak keuntungan yang akan diraih ketika memulai usaha.

Ada berbagai cara yang dapat mengatasi kekhawatiran seorang wirausaha dalam mengatasi modal yang minim, dan cara yang paling mendukung seorang wirausaha dalam kondisi ini adalah dengan menggunakan e-commerce sebagai salah satu wadah untuk berwirausaha. Seperti yang kita tahu belakangan ini e-commerce menjadi sangat populer dikalangan masyarakat ketika hendak melakukan perdagangan, banyak juga wirausaha muda yang memanfaatkan e-commerce melalui jejaring sosial sebagai sarana untuk berwirausaha. Ada beberapa keuntungan dengan menjadikan e-commerce sebagai sarana untuk berwirausaha :

  1. Tidak ada pengeluaran dana untuk tempat usaha. Tempat usaha menjadi salah satu hal yang sangat di perhatikan oleh seorang wirausaha karena pemilihan tempat usaha sangat berpengaruh bagi pendapatan usaha. Tempat yang tidak strategis seperti boomerang bagi usaha. Bukan hanya tata letak tetapi dekorasi dan suasana ruangan menjadi hal yang penting juga dalam memastikan kenyamanan konsumen pada saat berbelanja. Dengan menggunakan e-commerce, seseorang tidak perlu memikirkan tempat yang strategis maupun dekorasi dan suasana yang nyaman bagi konsumen karena bagi penjual online tidak ada dana yang keluar untuk beli atau sewa gedung. Penjual online hanya perlu berfokus pada kualitas produk yang dijual dengan memanfaatkan jejaring soisal

  2. Segmentasi pasar yang lebih luas. Wirausaha yang menggunakan situs online, menjamin setiap kalangan masyarakat dapat menjangkau produk. Segmentasi yang salah sasaran juga menjadi kendala dalam pendapatan usaha. Namun berbeda dengan usaha yang menggunakan situs online karena dapat di jangkau oleh setiap kalangan dari bebagai tempat tanpa perlu konsumen datang langsung.

  3. Komunikasi antara penjual dan pembeli lebih mudah. Komunikasi sangat penting dalam usaha menjual karena dengan komunikasi yang baik maka akan timbul ketertarikan dari konsumen. Kehadiran e-commerce melalui jejaring sosial mampu memberikan sarana bagi penjual online dan pembeli dalam membahas produk yang ditawarkan, dengan terjadinya komunikasi antara pembeli dan penjual online maka dari situ akan terjadi interaksi yang baik yang memungkinkan produk lebih mudah dikenal oleh konsumen.

  4. Pemasaran dan promosi lebih mudah Dengan menggunakan jejaring soisal maka seorang wirausaha dapat membangun dan menarik minat masyarakat, bahakan melalui jejaring sosial yang kita gunakan, kita dapat mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan kebanyakan konsumen. Pemasaran melalui media sosial mampu menjangkau pasar yang luas dengan biaya yang dapat dijangkau. Bagi pemilik bisnis kecil maupun orang yang baru terjun dalam dunia usaha, manfaat jejaring sosial salah satunya sebagai media promosi murah dan cara meningkatkan engagement paling tepat.

Itulah beberapa manfaat dari penggunaan e-commerce bagi orang yang hendak memulai usaha dan memiliki kendala pada modal. Jangan khawatir untuk memulai usaha, apapun bisa dilakukan selama kita memiliki niat dan fokus terhadap apa yang kita kerjakan. Sukses itu bukan soal waktu, bukan juga seberapa besar modal yang kita miliki, atau seberapa pintar kita dalam pendidikan formal yang ditempuh, karena sukses datang dari doa yang tulus, kerja keras, motivasi yang kuat dan sikap yang baik.

Penulis : Ingrid Eirene Tulas

Fakultas Ekonomi/ Akuntansi

Universitas Katolik De La Salle

You must be logged in to post a comment Login