Lima Langkah Dalam Menyusun Rencana dan Strateginya Beserta Tips Agar Bisnis Berjalan Sukses

Filed under: Ekonomi |

Maria KalaloRencana bisnis adalah tahapan awal yang sebaiknya dilakukan bagi seorang calon entrepreneur atau wirausaha. Kenyataannya banyak orang yang gagal dalam menjalankan suatu bisnis karena tidak ada perencanaan. Beberapa orang mungkin berpikir yang penting jalankan saja bisnis tersebut. Tetapi menjalankan suatu bisnis tanpa adanya rencana dan strategi merupakan tindakan yang kurang bijak. Tanpa rencana, mungkin sebuah bisnis akan tetap berjalan, namun belum bisa menjamin apakah bisnis tersebut akan terus berjalan lancar dan mendulang kesuksesan. Perencanaan bisnis adalah sesuatu hal yang harus dilakukan saat kita memulai bisnis. Hal ini akan membuat beragam aspek dalam bisnis berjalan dengan tepat dan terarah.

Selain dapat mencegah terjadinya resiko gulung tikar terlalu dini, adanya perencanaan bisnis menjadikan peluang sukses lebih tinggi. Sebuah perusahaan yang mempunyai dan melakukan rencana bisnis yang baik akan lebih cepat berhasil ketimbang dengan perusahaan yang tidak mempunyai atau menjalankan rencana. Rencana bisnis menguraikan arah, tujuan dan strategi perusahaan untuk jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Agar bisnis yang dibangun dan dikelola berkembang pesat dan berjalan lancar, harus memiliki fondasi yang kuat.
Lima langkah berikut ini penting dilakukan dalam membuat sebuah rencana dan strategi bisnis:

1. Memiliki Deskripsi Usaha yang Jelas Apapun bisnis yang dilakukan harus memiliki deskripsi yang jelas dan mudah untuk dipahami konsumen. Deskripsi atau jabarkan bentuk usaha, produk atau jasa yang ditawarkan, keunggulan produk/jasa yang dijual, harga, biaya operasional perusahaan, target bisnis, hingga sistem kerja yang diberlakukan. Tips: Buatlah visi, misi dan rencana strategi perusahaan. Apa saja yang menjadi tujuan  dan strategi pencapaian perusahaan. Pikirkan posisi perusahaan saat ini dan yang  akan dating, target pemasaran, pesaing, keunggulan suatu usaha, lokasi usaha,  bentuk usaha, serta konsep yang dijalankan.

2. Lakukan Analisa dari Pesaing Usaha Lakukan pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan pesaing bisnis. Belajarlah dari pengalaman dan sukses orang lain, agar menciptakan rumus sukses dan strategi versi sendiri. Tips: Buatlah catatan analisa apa saja yang menjadi kekuatan dan kelemahan pesaing,  kemudian pelajari strategi yang dapat menguntungkan yang tidak dimiliki  kompetitor dan menerapkannya.

3. Strategi Pemasaran yang Tepat Strategi harus direncanakan dengan baik dan lengkap, mulai dari cara mempromosikan produk agar dapat dikenal banyak orang, media promosi yang akan dipakai, biaya, tempat yang strategis, waktu, dan target produk.  Tips: Membuat perencanaan pemasaran meliputi pangsa pasar yang dipilih, cara  pemasaran dan promosi yang dilakukan sesuai dengan target pasar, hingga  perencanaan anggaran untuk penjualan dengan baik (modal, harga, distribusi, dan   biaya lainnya).

4. Memiliki Laporan Keuangan Memiliki laporan keuangan merupakan salah satu unsur yang penting bagi suatu bisnis agar dapat mengetahui secara pasti kondisi keuangan perusahaan. Pelajari cara sederhana untuk pembuatan atau pembukuan laporan keuangan. Harus dapat membedakan mana yang menjadi modal usaha dan pribadi. Pelajari juga cara membuat rencana anggaran belanja dan cara meminimalisirkan biaya-biaya yang tidak perlu. Memiliki pengelolaan anggaran yang baik sebagai alat pengendalian belanja perusahaan. Tips: Buatlah laporan keuangan tentang laporan arus kas, kebutuhan modal, biaya  operasional, biaya tambahan, biaya cadangan, dan ekspektasi laba.

5. Menjaga Kulitas Produk/Jasa Memiliki dan menjaga produk/jasa yang ditawarkan tetap berkualitas dapat menentukan kepuasan pelanggan dan keberhasilan sebuah bisnis.  Tips: Lakukan analisa resiko yang mungkin perusahaan hadapi kedepannya, kemudian  pikirkan cara mengantisipasinya agar konsumen tidak beralih terhadap  produk/jasa lain. Hal ini berkaitan dengan kepuasan pelanggan yang menjadi  factor yang harus diutamakan.
Sumber: cermati.com

Penulis :  Maria Kalalo
Fakultas Ekonomi / Akuntansi
Universitas Katolik De La Salle Manado

You must be logged in to post a comment Login