Kalalo Ajak Masyarakat Berpatisipasi Secara Serentak Basmi Nyamuk Sampai Jantik-jentiknya

Filed under: Berita Utama,General News,Pemerintahan |

IMG_20190105_223421Swaramanadonews.com, Manado- Penyakit Demam Berdarah (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Berkaitan dengan adanya penularan penyakit DBD di Sulut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dr. Debby Kalalo yang ditemui swaramanadonews.com di Kantor Gubernur, Sabtu (05/01/2019) menghimbau masyarakat untuk dapat terus menerapkan pola hidup sehat dan dibutuhkan gerakan masyarakat secara serentak berpatisipasi membasmi nyamuk sampai jentik-jentiknya.
“Yang perlu ditegaskan disini adalah bagaimana kita memberantas nyamuk membasahi jentik-jentiknya, karena itu diperlukan gerakan masyarakat secara serentak, dan kita bersama-sama berprilaku hidup yang sehat” ujar dr. Debby Kalalo.

Kalalo juga mengatakan bahwa untuk pengasapan atau foging yang dilakukan petugas kesehatan dari rumah ke rumah memang penting namun jauh lebih penting kalau tumbuh kesadaran masyarakat untuk membasmi nyamuk sampai pada jentik-jentik Nyamuk.

“Foging atau melakukakan pengasapan memang baik namun akan terkesan kejar mengejar dengan nyamuk seperti pemadam kebakaran” terang Kalalo.

Kadis Kesehatan Sulut ini juga menjelaskan bahwa untuk meminimalisir korban penyakit Demam Berdarah dimana yang paling rentan menyasar anak-anak menurutnya dengan adanya cuaca saat ini yang memasuki musim penghujan sudah disampaikan kepada Dinas Kesehatan Kebutuhan/Kota untuk melakukan foging di sekolah-sekolah.

‘Minggu depan anak-anak masuk sekolah dan Kami sudah berkoordinasi dengan Kabupaten/Kota untuk melakukan foging di sekolah-sekolah” terang Kalalo.

Kalalo juga mengatakan Memasuki musim pancaroba dengan cuaca yang tidak menentu membuat masyarakat harus was-was dengan penyakit demam berdarah. Pasalnya, nyamuk Aedes aegypti yang membawa penyakit demam berdarah (DBD) ini memiliki kemampuan terbang sejauh 100 meter sehingga proses penularannya berlangsung sangat cepat.

Kesehatan merupakan investasi untuk dapat mendukung pembangunan ekonomi serta memiliki peran penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dalam pengukuran Indeks Pembangunan Manusia (IPM), kesehatan adalah salah satu komponen utama selain pendidikan dan pendapatan Dalam Undang-undang Nomor 23 tahun 1992 tentang Kesehatan ditetapkan bahwa kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi, tambah Kalalo.

(Elvis)

You must be logged in to post a comment Login