Apresiasi Program PTSL Gubernur Dondokambey serahkan 1.112 Sertipikat Bagi Masyarakat Kelurahan Bengkol dan Buha

Filed under: Berita Utama,General News,Pemerintahan |

IMG-20190107-WA0032Swaramanadonews.com, Manado- Berempat di Gedung Mapalus Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, menyerahkan Sertipikat 1.112 Bidang Tanah kepada masyarakat kota Manado yang ada di Kelurahan Buha dan Bengkol dalam Program Strategis Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) Tahun 2018, Senin (07/01/2019)

Gubernur Dondokambey menyampaikan terima atas kerja sama Pemerintah Kota Manado, Badan Pertanahan Kota Manado serta Camat dan Lurah sehingga program Presiden R.I Bapak Djoko Widodo untuk dapat menciptakan 5 (Lima) Juta Sertipikat untuk masyarakat Indonesia dapat terlaksana sesuai dengan harapan.

“Ternyata di Sulawesi Utara khususnya di Kota Manado bisa berjalan dengan baik” kata Dondokambey, dalam sambutannya yang di sambut dengan tepukan tangan hadirin.

“Ini merupakan hadiah tahun baru for Torang samua bukan cuma untuk bapak ibu (Penerima Sertipikat-reed) tapi ini juga hadiah buat Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara karena data semakin lengkap lebih khusus untuk Kota Manado” ujar Dondokambey.

“Tadi saya sempat bertanya kepada salah satu orang tua penerima program PTSL kalau waktu mengurus Sertipikat mengeluarkan biaya berapa, dia menjawab oh semuanya gratis” terang Gubernur Dondokambey yang kembali memuji keberhasilan BPN.

Sebelumnya Kepala Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Freddy Kolintama ST, MSi menyampaikan bahwa Pelaksanaan Program Strategis Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap Tahun 2018 berdasarkan pada Peraturan Menteri Agraria Tata Ruang Kepala BPN no 6 THN. 2018 tentang Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) dan Instruksi Presiden R.I no. 2 tahun 2018 tentang percepatan Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap di seluruh Wilayah Republik Indonesia.

“Target PTSL di Sulawesi Utara tahun 2018 adalah untuk pengukuran peta bidang sebanyak 61,659 bidang dengan realisasi 62, 983 bidang atau 102 persen, dan target sertifikat 40,700 bidang dengan realisasi sampai dengan hari ini sebanyak 39,353 bidang Atau 97 persen.” Tutur Kolintama

Kolintama juga menjelaskan target sertifikat 40,700 bidang ini berada di 15 Kabupaten/Kota yang ada di Sulut.

“Untuk hari ini akan diserahkan Sertipikat untuk Warga Kota Manado dimana target untuk Kota Manado sebanyak 1,600 bidang dan hari ini sudah bisa direalisasikan sebanyak 100 persen” ujarnya
Kolintama juga menjelaskan Jumlah bidang tanah di Sulawesi Utara diperkirakan 1.379.879 bidang dari jumlah ini yang baru terdaftar sebanyak 477.661.

“Dan untuk tahun 2019 BPN Sulut mendapatkan target sebesar 90.000 bidang dari Program PTSL dan dari 17.500 bidang dari redistribusi tanah objek reforma Agraria” terang Kolintama.
Usai Gubernur Dondokambey menyerahkan Sertipikat secara simbolis kepada beberapa perwakilan masyarakat yang ditunjuk dilanjutkan dengan foto bersama dengan segenap unsur Forkopimda Sulut.

(Elvis)

You must be logged in to post a comment Login