ishak 12

Tumundo: Tahun 2019 Disnakertrans Sulut Akan Terus Maksimal Program ODSK

Filed under: Berita Utama,General News,Pemerintahan |

IMG_20190111_174528Swaramanadonews.com, Manado- Dalam menghadapi tahun 2019 Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut menargetkan akan terus memaksimalkan Program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) dibawah pimpinan Gubernur Olly Dondokambey SE, dan Wakil Gubenur Drs. Steven Kandouw dengan terus mengurangi angka Kemiskinan dan Pengangguran dengan melakukan pelatihan dan kompetensi bagi tenaga kerja, calon tenaga kerja serta pelatihan berbasis masyarakat, Pelatihan kewirausahaan dan juga pelatihan bagi orang tua pekerja anak.

Demikian yang disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut (Disnakertrans) Sulut Ir. Erny Tumundo, kepada swaramanadonews.com di ruang kerjanya, Jumat (11/01/2019)
“Kita juga di tahun 2019 ini menargetkan akan meningkatkan perusahaan-perusahaan untuk dapat menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kyesehatan Kerja (SMK3)┬ákarena itu kami mengharapkan agar perusahaan minimal menengah keatas sudah memiliki Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja karena mereka merupakan perpanjangan tangan dari kami (Disnakertrans-reed) untuk memonitor penerapan SMK3″ ujar Tumundo.

Secara prinsip, penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) merupakan kewajiban bagi perusahaan yang mempekerjakan pekerja/buruh paling sedikit 100 (seratus) orang atau mempunyai tingkat potensi bahaya tinggi. Namun tidak menutup kemungkinan bagi perusahaan yang mempekerjakan pekerja/buruh kurang dari 100 orang dan tidak mempunyai potensi bahaya tinggi juga perlu untuk menerapkan SMK3″ ujar Tumundo.
Tumundo juga mengharapkan di tahun 2019 ini untuk terjadinya perselisihan hubungan industrial dapat ditekan.

“Kita berupaya agar dapat mengurangi terjadinya perselisihan hubungan industrial dengan
Strategi melakukakan pengawasan norma yang sangat ketat di perusahaan, serta menerapkan pelaporan secara online, serta meningkatkan kepesertaan Jaminan sosial bagi tenaga kerja yang ada di Sulut”
Tumundo juga mengatakan untuk kepesertaan Jaminan sosial bagi pekerja di Sulawesi Utara untuk persentase target berada adalah yang tertinggi Indonesia.

“Namun hal ini tetap akan kita perluas dengan mendorong Kabupaten/Kota untuk mengikut sertakan aparat desa untuk masuk dalam jaminan sosial ketenagakerjaan” harap Tumundo.

(Elvis)

You must be logged in to post a comment Login