Nyamuk Aedes Aegypti menyebar, Lasama: satu keluarga harus satu orang Jumantik

Filed under: Berita Utama,Bolmong Raya |

 

Gambar ilustrasi

Gambar ilustrasi

Swaramanadonews.com: Bolmut – Perkembangan jentik nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah dangue (DBD), maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengajak masyarakat di wilayah setempat untuk memulai kembali gerakan 1 (satu) rumah 1 juru pemantau jentik (Jumantik).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmut, melalui Kepala bidang pengedalian dan pemberantasan penyakit (P2P), Yani Lasama, mengungkapkan, program ini sebenarnya sudah dicanangkan lebih dulu dan telah disampaikan ke puskesmas serta seluruh aparat desa di wilayah Bolmut melalui sosialisasi dan edaran dari dinas kesehatan Bolmut.

Demikian Pun, dengan ditemuinya kasus DBD yang menyerang warga yang tersebar di beberapa wilayah seiring musim penghujan, maka dipandang perlu untuk mengintensifkan program jumantik ini.

“Jadi, dalam satu keluarga itu harus ada satu orang jumantik. Dan ini sebelumnya telah disosialisasikan, tinggal bagaimana kerjasama dari semua pihak, utamanya dukungan dari masyarakat dan pemerintah desa untuk mengintensifkan program jumantik ini”,jelas Lasama.

Tambahnya, Pemda sejauh ini telah mendata DBD dan tercatat untuk wilayah Bolmut, sudah sebanyak 11 kasus DBD yang dilaporkan tersebar di wilayah kecamatan Pinogaluman, Kaidipang dan Bintauna, Bolangitang barat dan Bolangitang Timur

“Suda ada 11 Kasus DBD yang terjadi ditiga kecamatan yang berada diBolmut, sehinga program ini wajib dijalankan agar tidak ada lagi ketambahan kasus DBD ini,”katanya.

Iapun berharap khusus masyarakat Bolmut agar terus mengantisipasi penyebaran DBD degan melakukan hal-hal demikian

“Saat ini musim penghujan, sehinga saya berharap agar selalu menjalankan program ini degan mengunakan sitem1 Rumah 1 Jumantik,”kunci Yani.
(Is-Nani)

KPU Bolmong

You must be logged in to post a comment Login