Dinas DLH Sulut Dalam Waktu Dekat Akan Lakukan Peninjauan di Gunung Batu Tateli

Filed under: Berita Utama,General News,Pemerintahan |

IMG_20190208_205525Swaramanadonews.com, Manado- Sebanyak 22 Pengusaha Penambangan Batu saat ini sedang melakukan aktivitas perusahan pertambangan galian C di Gunung Batu Tateli Raya dengan banyak keluhan-keluhan dari masyarakat dan buruh penambang Tradisional tentang debu abu yang berterbangan mencemari udara desa Tateli Raya di siang dan malam hari serta keluhan soal, berkurangnya air bersih di bak penampungan warga yang terjadi akibat galian tambang batu karenanya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Utara akan melakukan pengawasan terkait permasalahan ini.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Utara Ir. Marley Gumalag di ruang kerjanya Jumat (08/02/2019).

Menurut Gumalag beberapa waktu lalu Dinas yang dipimpinnya telah melakukan peninjauan lapangan bersama Komisi IV DPR RI melihat dan mendengarkan keluhan masyarakat yang nantinya akan ditindak lanjuti.

“Kami akan turun lagi ke sana untuk lebih menelisik dan mengfokuskan pada pengawasan lingkungannya, karena di sana ada keluhan masyarakat yang menyampaikan bahwa untuk sumber air ada disana saat ini sudah tercemar dari hasil galian batu yang dilakukan perusahaan penambang” terang Gumalag.

“Serta debit air yang berkurang dengan adanya penambangan yang dilakukan dan ini harus diuji karena dengan adanya aktivitas penambangan pasti ada proses pencernaan udara dan lain-lain, yang harus dipertanyakan apakah perusahaan itu memiliki sistem pengelolaan seperti yang sudah ditentukan?” Ujar Gumalag

Gumalag juga menyampaikan saat ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Daerah Provinsi Sulawesi Utara memprioritaskan 15 Program Daerah dalam 50 kegiatan yang akan di gelar dinasnya dalam rangka untuk menunjang program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (OD-SK) di tahun 2019 ini.

“Adapun 15 Program yang kita prioritaskan di tahun 2019 ini antara lain yaitu Program Penghargaan Lingkungan Hidup,
Program Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, serta pengawasan dan penegakan hukum dan Program Pengaduan dan penyelesaian sengketa” tutup Marly Gumalag yang juga adalah Mantan Kadis ESDM Sulut ini

(Elvis)

You must be logged in to post a comment Login