Bekraf Tingkatkan Kemampuan Wirausaha Muda Manado

Filed under: Berita Utama,General News,Pariwisata dan Budaya |

IMG_20190314_154752Swaramanadonews.com, Manado- Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan program pengembangan kapasitas BYTE (Bekraf Young Technology Entrepreneurs) pada 14-15 Maret 2019 di Whiz Prime Hotel Megamas Manado, Kamis (14/3/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh segenap mahasiswa perguruan tinggi di Manado dan sekitarnya.

BYTE merupakan program pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswa yang fokus pada optimalisasi strategi bisnis di era digital. Pelatihan ini dimaksudkan untuk mendorong pengusaha milenial agar dapat mempertahankan dan mengembangkan bisnis mereka.

“Manado terpilih menjadi salah satu lokasi diselenggarakannya BYTE 2019 karena memiliki potensi pengusaha milenial yang diharapkan muncul dari mahasiswa perguruan tinggi yang ada disini. Selain itu, adanya potensi kekayaan alam dan pariwisata di Manado sesungguhnya memberikan banyak peuang bisnis baru. Diharapkan dengan mengikuti acara ini pengusaha milenial di Manado maupun dari daerah sekitarnya dapat menangkap peluang bisnis tersebut” Ujar Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif, Toar Mangaribi,

Toar juga menambahkan BYTE diselenggarakan sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas SDM dalam bentuk fasilitasi edukasi mengenai bagaimana mengembangkan usaha dari sisi desain produk, memahami konsep bisnis, melakukan foto produk serta melakukan presentasi produk yang baik, dan bagaimana memanfaatkan teknologi digital untuk menangkap peluang di pasar.

BYTE menargetkan sekitar tiga ratus pengusaha milenial dari lima kota (Jember, Manado, Kupang, Batam dan Jayapura) akan mengikuti kegiatan ini, kemudian akan dipilih lima puluh peserta yang memiliki potensi untuk di kembangkan. Peserta yang terpilih akan mendapatkan pelatihan untuk memperkuat platform bisnisnya. Dukungan Bekraf akan dilanjutkan pada sepuluh peserta terbaik untuk mendapatkan pelatihan intensif dalam mematangkan konsep bisnisnya. Akhirnya mereka akan diseleksi kembali menjadi 3 terbaik yang akan mendapatkan fasilitasi Business Development Program. Kedepannya ke tiga orang ini dapat mengikuti program di kedeputian lain di BEKRAF, seperti BEKUP, BE-X, Go Start-Up Indonesia, dan lain-lain.

Melalui kegiatan ini Toar berharap Bekraf bisa ikut berkontribusi dalam memajukan ekonomi kreatif di Indonesia melalui peningkatan kualitas SDM khususnya di kalangan pengusaha milenial dalam menghadapi persaingan bisnis di era digital.

Untuk diketahui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang bertanggung jawab di bidang ekonomi kreatif. Saat ini, Kepala Bekraf dijabat oleh Triawan Munaf.

Bekraf mempunyai tugas membantu Presiden RI dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, dan televisi dan radio.

(ELVIS)

Shortlink:

Posted by on 14/03/2019. Filed under Berita Utama, General News, Pariwisata dan Budaya. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

You must be logged in to post a comment Login