Rabuka Pastikan Tak Ada WNA Masuk DPT

Filed under: Berita Utama,Mitra |

IMG_20190320_063601

RATAHAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Tenggara, melalui Divisi Perencanaan dan Data, Irfan Rabuka memastikan tidak ada Warga Negara Asing (WNA) yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

Menurut Rabuka, pihaknya sudah melakukan koordinasi sampai dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Namun dari hasil pencermatan, tidak ada keberadaan WNA seperti yang disampaikan.”Kami sudah tanyakan ke PPK, tidak warga asing yang masuk DPT,” jelasnya.

Dia kemudian menjelaskan, bahwa yang dilayani dalam Pemilu adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan secara aturan telah memiliki hak pilih dan bukan WNA.

“Warga Negara Indonesia yang terdaftar secara aturan dan mempunyai hak pili itu yang menjadi objek kami dalam pemilu,” tutur Rabuka.

Sementara, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Minahasa Tenggara, mengaku pihaknya mendapatkan informasi terkait adanya tiga WNA yang kemudian bisa masuk dalam DPT.

“Ini informasi yang disampaikan dari perangkat desa terkait keberadaan WNA yang ada di Posumaen, dan Ratahan Timur,” katanya.

Ketiga WNA tersebut menurut David yaitu, dua orang warga negara Prancis, dan satunya lagi berstatus warga negara Jepang.

“Untuk warga negara Prancis, masing memegang kartu izin tinggal tetap (Kitap), dan satunya lagi memegang kartu izin tinggal sementara (Kitas). Sedangkan untuk warga negara Jepang, pernah memeggang KTP namun yang masih manual belum elektronik,” terangnya.

Lalandos memastikan bahwa pihaknya sampai saat ini tidak pernah mengeluarkan KTP elektronik khusus WNA.

“Yang pasti juga kami tidak pernah keluarkan e-KTP bagi WNA yang ada di wilayah ini,” tutupnya. (noldy)

Shortlink:

Posted by on 20/03/2019. Filed under Berita Utama, Mitra. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

You must be logged in to post a comment Login