Bawaslu Bolmut Gelar Pembinaan Kepada Panwaslucam Dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Pengawasan

Filed under: General News |
20190322_153933

Misrawati Pakaya, S.Sos komisioner Bawaslu Bolmut.

Swaramanadonews.com: Bolmut – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), gelar agenda pembinaan kepada Panwaslu Kecamatan dalam rangka peningkatan kapasitas pengawasan TPS dan saksi Partai Politik Se-Kabupaten Bolmut, Jumat (22/19) Bertempat di Hotel Try Putra Boroko.

Kegiatan yang berlangsung dua hari sejak Jumat sampai Sabtu (22-23).

Dalam kegiatan tersebut dilibatkan dua narasumber yang berasal dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bolmut dan Bawaslu untuk memberikan pembinaan kepada 24 peserta yang terdiri dari Panwaslu Kecamatan yang berasal dari 6 kecamatan yang ada di kabupaten bolmut.

20190322_153913

Misrawati Pakaya, S.Sos saat berikan materi Pengawasan

Narasumber pertama, Komisioner Bawaslu, Kordiv. Sumber daya manusia, Organisasi, Data dan Informasi, Misrawati Pakaya S.Sos dalam penyampaian materi mengatakan, bahwa Pengawas Pemilu sebagai Instansi harus mampu untuk menjaga Integritas dan harus tegas dalam penindakan kepada pelanggaran-pelanggaran terkait teknis di lapangan dalam Pemilu.

“Setiap pelaksana teknis di lapangan harus mampu untuk bertanggung jawab dan siap untuk membantu dalam penegakan kebenaran dan keadilan dalam penyelenggaraan pemilu.” Ujar Misra.

Dia juga meminta kepada seluruh jajaran pengawas Pemilu untuk dapat mengawasi secara ketat setiap tahapan sampai dengan rekapitulasi penghitungan suara dan memastikan semuanya berjalan sesuai prosedur dan amanah.

“Harapan saya kepada seluruh Panwascam agar lebih aktif dalam pengawasan pada TPS nanti, yang paling kita jaga ketat yaitu money Politik jangan sampai ini terjadi, karena ini bisa merusak demokrasi dan generasi kita kedepan,” tegas Misra.

Wiwidayanti Damopolii, Komisioner KPU Bolmut

Wiwidayanti Damopolii, Komisioner KPU Bolmut

Agenda berlanjut, Narasumber kedua dalam kegiatan tersebut, Anggota Komisioner KPUD Bolmut, Wiwidayanti Damopolii, juga dalam materi yang dia sampaikan, memberikan pembinaan kepada peserta terkait keabsahan surat suara yang menunjukan antara sah dan tidak sahnya surat suara yang akan di hitung di TPS ketika berlangsungnya proses penghitungan suara.

Dia mengatakan, terkait dengan kerusakan surat suara yang sering terjadi sebelumnya di beberapa TPS pada setiap kecamatan yang ada, itu di karenakan oleh masyarakat yang kurang pengetahuan teknis dalam hal pemberian suara pada surat suara di TPS.

“Rusaknya surat suara di TPS itu sering terjadi khususnya di Bolmut, untuk mencegah hal tersebut, KPUD juga kini sedang berupaya dengan memberikan sosialisasi dan arahan kepada masyarakat yang tidak tau bagaimana tatacara pencoblosan surat suara, agar kerusakan surat suara dapat di minimalisir.” Ungkap Wiwidayanti.

FB_IMG_1553312924582Dia melanjutkan, sebagai Panwas, para peserta yang saat ini hadir dalam kegiatan harus mampu untuk mencegah setiap kecurangan yang akan terjadi dari pihak yang memiliki kepentingan khusus nanti di lapangan.

“Bukan berarti mencari-cari kesalahan orang lain, tetapi memang di lapangan itu sering terjadi, apalagi kalau nanti sampai ada yang nakal.” Pungkasya. (Adve/I.N)

You must be logged in to post a comment Login