Panwascam Kaidipang, menggelar pelatihan Saksi Parpol Pemilu 2019

Filed under: Berita Utama,Bolmong Raya |
Saat pelatihan Saksi Parpol oleh Panwascam Kaidipang

Saat pelatihan Saksi Parpol oleh Panwascam Kaidipang

Swaramanadonews.com: Boroko- Menjelang H- 7 Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Kaidipang, Kab. Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar pelatihan Saksi Partai Politik di Dapil 1, yang bertempat di Caffe Beach Pantai Pinagut Rabu (10/19).

 

Dalam proses pelaksanaan Pelatihan Saksi, hadir 18 orang saksi masing-masing dari partai Politik dan Calon.

Ketua Panwascam Kaidipang, Abdul Muin Wengkeng, S. Hut yang di dampingi oleh dua anggota Panwascam juga seluruh staf sekretariat, menyampaikan materi terkait tata cara dalam kesaksian para saksi Parpol di Pemilu nanti.

Muin menjelaskan, Seluruh saksi harus hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tepat waktu, yaitu jam 07:15 saksi sudah berada di TPS sebelum proses pencoblosan suara.

Iapun menjelaskan, saksi tidak boleh menggunakan kaos partai atau kaos Paslon Pemilu, “saksi harus menggunakan pakaian Rapi dan sopan tanpa menggunakan kaos Partai, karena yang namanya pakaian sekarang banyak warna yang identik dengan warna Parpol, asalkan pakaian yang digunakan tidak ada gambar Calon atau Parpol sehingga bisa mempengaruhi para pemilih,” jelas Muin sapa Akrabnya.

“Dan saksi sebelum masuk diruangan TPS harus memasukan mandat dari Parpol atau calon kepada KPPS untuk bisa masuk di TPS,”tambah Wengkeng.

Wengkeng menambahkan, Seluruh saksi harus teliti dalam kesaksian masing-masing, “yang tujuanya agar tidak terjadi kesalahan dalam pencoblosan sampai di perhitungan suara nanti,” harapnya.

Terinformasi jumlah seluruh saksi yang ada di Dapil 1, berjumlah 634, dan yang sudah terdaftar di KPU baru 345 orang. Dan yang belum memasukan nama saksi berjumlah 288 orang.

(I.N)

 

You must be logged in to post a comment Login