Perwakilan BKKBN Sulut Gelar Advokasi Program KKBPK Bersama Segenap Komunitas di Sulut

Filed under: Berita Utama,General News,Pemerintahan |

IMG_20190520_195410Swaramanadonews.com, Manado- Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)Provinsi Sulawesi Utara menggelar kegiatan Advokasi Program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) Berbasis Komunitas Tingkat Provinsi Sulawesi Utara di Hotel Aryaduta, Senin (20/05/2019)

Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara  Drs. Sugiyatna MM dalam sambutannya mengatakan bahwa situasi kependudukan menjadi perhatian bersama baik di tingkat nasional maupun di daerah karena akan membawa dampak-dampak yang nyata didalam aspek kehidupan,

“Penduduk merupakan elemen penting dalam pembangunan menjadi faktor utama suatu negara, tetapi berbagai bukti rilis menunjukkan bahwa besarnya jumlah penduduk bukan menjadi faktor utama dalam keberhasilan suatu negara melainkan kwalitas penduduklah yang memegang peranan penting untuk mencapai keberhasilan pembangunan suatu negara” Tutur Sugiyatna.

Sugiyatna, juga mengatakan bahwa sesuai dengan amanat UU No.52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga maka BKKBN mempunyai peran dan tanggung jawab dalam pengendalian penduduk dan pembangunan keluarga.

“Penduduk sebagai modal dasar pembangunan harus menjadi titik sentral yang berkelanjutan karena jumlah penduduk yang besar dengan pertumbuhan yang cepat dikhawatirkan akan memperlambat tercapainya kondisi yang ideal antara kwantitas dan kwalitas penduduk, Aspek kependudukan harus dikendalikan diantaranya kuantitas penduduk melalui perencanaan keluarga berencana” Terang Sugiyatna.

Sugiyatna juga menjelaskan Advokasi Program KKBPK berbasis komunitas adalah bentuk kegiatan strategis dalam mengasosiasikan program ini untuk meningkatkan pengetahuan dan informasi dalam membangun kesadaran masyarakat.

“Disisi lain upaya peningkatan kemandirian lebih didorong dengan makin tingginya tuntutan masyarakat akan adanya pilihan pelayanan KB yang berkualitas dan baik, membangun jejaring kemitraan dalam mempromosikan dan mengintegrasikan program KKBPK serta berkolaborasi dan bekerja sama dengan berbagai komunitas menjadi sangat penting dalam melaksanakan program ini untuk mencapai tujuannya” ungkap Sugiyatna

Dikesempatan ini juga Sugiyatna menyampaikan Kalau terencana semua lebih mudah Penduduk yang berkualitas adalah modal dari sebuah bangsa.

Pada kesempatan ini juga Ketua IPADI (Ikatan Praktisi demografi Indonesia) Dr. Tri Oldy Rotinsulu sebagai narasumber dalam kegiatan ini membawakan mateteri berjudul Isu dan dampak kependudukan.

Diakhir kegiatan ini dilakukan buka puasa bersama dengan jajaran Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut serta segenap Komunitas dan Wartawan yang ada di Provinsi Sulawesi Utara.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bagian Humas BKKBN Sulut Laydi Ante.

(ELVIS)

Shortlink:

Posted by on 20/05/2019. Filed under Berita Utama, General News, Pemerintahan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

You must be logged in to post a comment Login