Kapal Ro-Ro Bitung-Davao Sampai Vietnam Kembali Beroperasi 17 Juni

Filed under: Berita Utama,General News,Pemerintahan |

IMG_20190227_114538Swaramanadonews.com, Manado- Seperti banyak diberitakan beberapa media yang menyampaikan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dalam akun Face booknya menulis bahwa dalam waktu dekat akan kembali beroperasi perjalanan laut Bitung-Davao bahkan sampai ke Negara Vietnam,

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Jenny Karouw yang dihubungi swaramanadonews.com melalui telepon selulernya, Senin (10/06/2019).

Menurut Karouw, Jalur perdagangan laut Bitung-Davao-Vietnam ini akan kembali beroperasi karena sebelumnya Kapal Ro-Ro dengan kapasitas 500 teus dianggap terlalu besar dan akan digantikannya dengan Kapal pengangkut Kontener yang sedikit lebih kecil dengan kapasitas 200 teus.

“Memang benar Jalur perdagangan laut Bitung-Davao bahkan sampai Vietnam akan lebih kami intensifkan lagi dengan harapan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pengusaha dalam dan luar negeri khususnya di Sulawesi Utara tentunya” ujar Karouw.

“Kegiatan ini untuk dapat lebih memaksimalkan ekspor impor di Indonesia melalui pelabuhan Bitung dan Secara konkrit komoditas yang menjadi unggulan seperti Kopra, Pala dan Jagung akan diprioritaskan untuk dapat memenuhi permintaan pasar yang memang sudah banyak” tutur Karouw.

Karouw juga mengatakan bahwa selama ini untuk permintaan Jagung dan Pala memang rutin tetap dilakukan dari Pelabuhan Bitung menuju Davao namun hal ini dilakukan dengan Kapal pengangkut barang seperti Mebel dan lain-lain dan tentu dilakukan oleh para pengusaha dengan skala yang lebih kecil dan terbatas.

“Jadi pada kesempatan ini saya menghimbau kepada pengusaha-pengusaha lokal para eksportir untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini karena dari informasi Kapal Ro-Ro ini akan barangkat dari Davao pada tanggal nanti 15 dan kemungkinan tiba di pelabuhan Bitung tanggal 17 Juni” Ujar Karouw.

Karouw juga menambahkan bahwa untuk kamoditas harga Kopra yang saat ini memang sangat memukul dan dirasakan oleh para petani kelapa, karena itu dengan akan kembali beroperasi perdagangan laut Bitung-Davao bahkan sampai ke Vietnam, diharapkan ini dapat mengobati kekecewaan yang di alami petani kelapa serta dapat, memperbaiki harga pasar.

(ELVIS)

Shortlink:

Posted by on 10/06/2019. Filed under Berita Utama, General News, Pemerintahan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

You must be logged in to post a comment Login