Lasena: 10 Desa Stunting, terima 350 juta untuk pembanguna Jamban

Filed under: Berita Utama,Bolmong Raya |

20190704_135925Swaramanadonews.com: Bolmu- Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Drs. H Amin Lasena, M.Ap, didampingi oleh Asisten Dua sekretariat Daerah, gelar sosialisai Padat Karya ke 10 Desa Stunting diruang rapat Bupati Kamis (04/7/19).
Wakil Bupati dalam penyampaianya, mengucapkan banyak terimakasih kepada tim balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Provinsi, yang hadir dalam proses sosialisasi Padat Karya.
Lasena menyampaikan, bahwa dikabupaten Bolmut ada 10 Desa yang masuk stunting yang tersebar di Enam kecamatam, diantaranya, Desa Sangkup Dua, Sangkup Timur, Monompia, Saleo, Bohabak Satu, Biontong Satu, Biontong, Saleo Satu, Paku Selatan, Ollot Dua.
Ia pun menyampaikan, di Daerah kita ini ada dua yang paling menonjol, pertama Fasilitas Air bersih dan perilaku sehat. masyarakat kita ini sebenarnya bukan miskin. “Tapi, tidak ada kesadaran masyarakat untuk hidup dalam perilaku sehat”, jelasnya.
“Jamban ini bukan tidak ada, tapi Tiga tahun terahir ini setelah dipaparkan di slite, ada jamban yang baru dibuat tidak ada airnya, ada yang dibangun minggu ini, besoknya pintu jamban sudah tidak ada. Bagaimana masyarakat menggunakan kalau seperti ini?, ” kesal Amin.
Amin juga menambahkan, Saya berharap dengan adanya bantuan Padat Karya, dengan anggaran Rp. 350 Juta per Desa untuk pembanguna Jamban, agar difungsikan dengan baik, “karena ini program langsung dari Presiden melalui Padat Karya, kenapa ini padat Karya? Karena melibatkan masyarakat pemilik yang bekerja juga disitu,” jelas Lasena.
Tambahnya, “ini anggaran besar Rp 350 juta, harus digunakan dengan baik karena disitu ada kelompok pelaksanaanya, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) kita harus belajar menggunakan anggaran dengan baik, karena kalau ini berhasil, Sepuluh desa ini akan menjadi desa percontohan dan program ini akan berlanjut, tidak hanya di Bolmut, tapi diseluruh Indonesia,” kunci Amin Lasena.
Turut hadir, kepala Dinas PUPR, Kadis Lingkungan Hidup, Para Camat dan Sepuluh Sangadi masing- masing dari 10 Desa Stunting.
(Nani)

Shortlink:

Posted by on 04/07/2019. Filed under Berita Utama, Bolmong Raya. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

You must be logged in to post a comment Login